Tingkatkan Layanan, Deteksi Gangguan Jaringan dengan Platform Zero Touch Operation.

- 22 Januari 2021, 13:21 WIB
Teknisi XL Axiata melakukan perawatan jaringan di BTS Maumere
Teknisi XL Axiata melakukan perawatan jaringan di BTS Maumere /Corpcomm XL Axiata

BERITA KBB - Guna meningkatkan kenyamanan pelanggan di tengah kompleksitas pengelolaan operasional dan jaringan yang terus meningkat, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mulai mengimplementasikan platform Zero Touch Operation termasuk otomatisasi pengelolaan jaringan (Automation NOC- Network Operation Center).

Dengan platform ini, bisa mempercepat proses deteksi terhadap ganguan jaringan dan dampaknya terhadap pelanggan.

Dengan kemampuan mengetahui gangguan lebih awal, maka dampak gangguan, termasuk jumlah pelanggan yang terdampak, bisa diminimalisir.

Baca Juga: Pemkot Bandung Nyatakan Dukungan Perpanjangan PPKM

Direktur & Chief Information-Digitalization Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan bahwa penerapan platform Zero Touch Operation ini merupakan bagian dari transformasi digital, dimana sejak tahun 2019 XL Axiata telah melakukan modernisasi pada setiap perangkat penunjang operasi.

"Agar mampu menyediakan berbagai layanan yang maksimal sesuai dengan ekspektasi pelanggan, kami juga berupaya untuk meminimalisir dampak gangguan pada sisi jaringan. Dengan menerapkan platform ini, banyak aktifitas operasional termasuk pengelolaan jaringan bisa diproses secara otomatis dengan pemanfaatan IT yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan,” katanya. 

Zero Touch Operation diterapkan untuk menjalankan pekerjaan yang berulang dan memiliki tingkat kognitif yang rendah, serta membutuhkan sumber daya manusia yang cukup banyak untuk melakukannya.

Baca Juga: Keren!, Yoo Ah In Pede Makan di Pinggir Jalan, Penggemar Bangga

Dengan platform ini, semua pekerjaan yang sudah memiliki Standard Operational Procedure (SOP) yang baku akan bisa dikerjakan oleh mesin atau tidak perlu lagi dikerjakan secara manual.

Sehingga sumber daya yang ada bisa diberdayakan untuk pekerjaan yang lebih produktif guna mencapai tingkat efisiensi operational sesuai yang diharapkan.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x