Lulusan BLK Diminati Dunia Industri dan Dunia Usaha

- 25 Februari 2021, 22:01 WIB
/Humas Kemnaker/

BERITA KBB - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) gelombang I Tahun 2021, sekaligus meresmikan gedung serba guna Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang di kota Serang, Provinsi Banten, Kamis 25 Februari 2021.

Pembukaan PBK gelombang I ditandai dengan penekanan tombol secara serentak oleh Menaker Ida Fauziyah; Dirjen Binalattas, Budi Hartawan; dan Kadisnaker Banten, Al Hamidi.

Ida dalam sambutannya mengatakan, untuk memperkuat pelatihan vokasi sebagai program unggulan peningkatan kualitas SDM Indonesia, Kemnaker menjadikan program transformasi BLK sebagai salah satu lompatan besar yang dilaksanakan pada saat ini.

 Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta, Jumat 26 Februari 2021, Elsa Takut Kehilangan Nino, Akankah Dia Bertaubat?

Arah kebijakannya adalah mengubah secara total BLK sebagai Balai Pelatihan Vokasi yang menjadi pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang berdaya saing di tingkat nasional dan internasional.

Menurut Ida, salah satu agendanya adalah redesain pelatihan untuk merespon tantangan Ketenagakerjaan lokal, nasional, dan Internasional.

"Ke depannya akan terus dilakukan penguatan SDM instruktur, peningkatan kualitas dan kurikulum pelatihan, pengembangan kurikulum dan SKKNI berbasis kebutuhan industri serta peningkatan pengakuan atas kompetensi lulusan," ujar Menaker di depan 100 peserta yang mewakili 368 peserta PBK.

 Baca Juga: 13 Petani Milenial Bandung Barat Siap Garap Lahan di RSJ Provinsi Jawa Barat, Kecamatan Cisarua

Kepada media usai membuka PBK gelombang I Tahun 2021, Menaker mengatakan pihaknya mendorong seluruh proses pelatihan di BLK memenuhi kebutuhan pasar kerja. Karenanya Kemnaker selalu bersinergi dengan dunia usaha dan dunia industri.

"Dua kepentinganya yakni kesempatan magang dan penempatan sehingga pelatihan di sini tak melahirkan pengangguran baru karena mereka bisa dipastikan penempatannya di industri atau perusahaan," katanya seraya mengatakan keberadaan BLK juga untuk menyupport pemenuhan SDM di industri dan perusahaan wilayah Provinsi Banten.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x