Unik, Ini Dia Upaya Sejumlah Brand Lakukan Kampanye dengan Nuansa Ramadan dan Idul Fitri

- 20 April 2022, 10:09 WIB
Ini 16 contoh ucapan Selamat Lebaran Idul Fitri 2022 atau 1443 Hijriah yang unik dan anti mainstrem.
Ini 16 contoh ucapan Selamat Lebaran Idul Fitri 2022 atau 1443 Hijriah yang unik dan anti mainstrem. /Pixabay/chiplanay

BERITA KBB - Seiring memasuki pekan ketiga ramadan, persiapan menyambut Idul Fitri oleh brand (merek) maupun konsumen pun semakin marak terlihat.

Saat untuk refleksi diri, kasih sayang, berbagi dengan sesama, serta berkumpul dengan keluarga dan orang-orang terkasih, Idul Fitri menjadi momen bagi brand di Indonesia untuk menuangkan kreativitas dan terlibat dengan konsumen.

Sejumlah marketing campaign yang memotret tema-tema utama perayaan Idul Fitri pun dilakukan seraya mengangkat nilai-nilai yang bisa mendekatkan brand dengan konsumen.

Baca Juga: Ivan Gunawan Kembalikan Uang Ratusan Juta Rupiah ke Bareskrim Polri, Uang Kontrak Brand Ambassador DNA Pro


Talkwalker, perusahaan consumer intelligence no #1 yang didedikasikan untuk membantu brand semakin dekat dengan konsumen, mengamati beberapa contoh marketing campaign dari brand di Indonesia sepanjang 2021-2022. Kampanye dari sejumlah brand di Indonesia ini dengan sangat baik merangkum nuansa Ramadan dan Idul Fitri.

1. Grab Indonesia - Bisalah Ramadan Lancar Jaya
Dalam video iklan tersebut, Grab Indonesia mempromosikan layanan dan diskon dengan konsep yang ringan dan lucu. Kita melihat empat kru pesawat ruang angkasa yang diserang oleh alien, lalu kehilangan santapan untuk sahur dan berbuka, sekaligus parsel Idul Fitri.

Untungnya, karena pengantaran dari Grab, kru pesawat dapat menyetok kembali suplai makanan mereka dengan cepat. Marketing campaign ini mendapat sambutan luar biasa, dengan jumlah penonton video di YouTube mencapai 6,8 juta. Dengan menampilkan makanan, barang kebutuhan sehari-hari serta layanan pengantaran paket melalui narasi fiksi ilmiah yang unik, tak heran kalau kampanye ini sangat memikat konsumen.

Baca Juga: Pebalap MotoGP Enea Bastianini Bikin Indonesia Bangga, Banyak Didukung Brand Asal Indonesia

2. Downy Spesial Ramadan 2022 - The Power of a Hug

Di video ini, kita melihat seorang ayah berusia lanjut tak lagi mengenali anak laki-lakinya setelah terpisah selama 2 tahun, namun dengan kekuatan pelukan, ia berhasil mengingat kembali. Melalui kampanye ini Downy menyoroti dua hal penting dalam tema Lebaran, yaitu cinta dan keluarga. Video dari Downy Indonesia ini tak lekang waktu, khususnya di tengah pelonggaran aturan perjalanan domestik di Indonesia sehingga tahun ini masyarakat bisa mudik dan berkumpul kembali dengan orang-orang terkasih.

Berdasarkan pengamatan di Talkwalker, dapat dilihat bahwa persentase sentimen positif dan negatif seputar mudik cukup sebanding. Sebagian warga gembira dengan diperbolehkannya mudik setelah 2 tahun pembatasan perjalanan, sementara sebagian lagi mengungkapkan rasa frustasinya berkaitan dengan keharusan vaksinasi bagi warga yang ingin mudik Lebaran.

Baca Juga: Peringkat K-Pop Boy Group Brand Value Bulan April, BTS No 1

3. IM3 - Alunan Temu #KembaliSilaturahmi
Video bertema Lebaran dari penyedia layanan internet IM3 ini sangat disukai oleh konsumen.

Hal ini terlihat dari jumlah penonton video di YouTube yang mencapai 20 juta dalam 7 hari. Video iklan ini memiliki semua elemen yang dibutuhkan untuk mendapatkan kampanye marketing Lebaran yang sukses.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x