Kembali Catatkan Berita Positif, PT INTI (Persero) Rampungkan Restrukturisasi Keuangan

- 30 Januari 2024, 10:53 WIB
/istimewa/

BERITA KBB - Setelah sukses memperoleh overachiement terhadap Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) Tahun 2023, PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) (“PT INTI (Persero)”) akhirnya sukses membukukan prestasi restrukturisasi keuangan.

Pencapaian yang tercatat paling signifikan sepanjang sejarah restrukturisasi keuangan bagi Perusahaan yaitu setelah diketoknya Perjanjian Homologasi atau Perdamaian atas Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) PT INTI (Persero), yang disahkan oleh Majelis Hakim Perkara di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, pada Kamis, 25 Januari 2024.

“Alhamdulillah berkat izin Allah SWT, serta doa dan dukungan dari semua pihak, termasuk Kreditor, Pemegang Saham, Pengurus, Penasehat Hukum, dan Karyawan, upaya Perseroan untuk melakukan restrukturisasi utang telah berakhir damai,” ungkap Direktur Utama PT INTI (Persero) Edi Witjara, Senin (29/01/2024).

Baca Juga: PT INTI (Persero) Catatkan Overachievement Tahun 2023 dan Strategikan Transformasi Agresif di Tahun 2024

Edi Witjara menyebut, PT INTI (Persero) baru saja merampungkan proses restrukturisasi utang yang berakhir dengan hasil positif. Proses yang telah berlangsung selama 195 hari tersebut berakhir dengan Homologasi atau Perdamaian.

Putusan tersebut lahir setelah proses voting yang berujung kesepakatan dari mayoritas kreditor, dengan komposisi hasil voting untuk Kreditor Separatis baik Headcount maupun Amount terkalkulasi sebesar 100%. Sementara itu, untuk Kreditor Konkuren Headcount 98,04% dan Amount 94,06%.

Komposisi tersebut, lanjut Edi Witjara, merepresentasikan bahwa proses yang dijalani Perseroan ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk mayoritas kreditor, yang pada akhirnya sepakat dan yakin bahwa PT INTI (Persero) pantas untuk diselamatkan, sanggup untuk mengimplementasi semua hal yang tercantum dalam perjanjian perdamaian, serta memiliki kemampuan pemenuhan kewajiban usaha terhadap kreditor.

Baca Juga: PT INTI (Persero) Sabet Tiga Penghargaan Marketing Bergengsi

“Proses restrukturisasi keuangan ini tentunya memberikan multiefek yang sangat signifikan untuk Perseroan, yang salah satunya, secara buku membuat balance sheet kita menjadi jauh lebih positif. Dan, tahapan berproses ini tentunya memberikan pelajaran dan peningkatan value bagi INTI Group secara jangka panjang,” tutur Edi Witjara.

Selain itu, hasil restrukturisasi keuangan itupun menegaskan bahwa PT INTI (Persero) telah memiliki landasan hukum yang kuat untuk terus beroperasi serta terbebas dari proses pailit. Bahkan, hasil restrukturisasi keuangan itu nantinya akan mempercepat transformasi menuju arah perusahaan yang lebih baik, sekaligus pemenuhan tanggung jawab terhadap seluruh kreditor.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x