Gangguan Mental Pada Anak Yang Dapat Membahayakan Orang Sekitar, Simak Penjelasannya

- 6 Juli 2022, 22:13 WIB
Ilustrasi Keluarga.  Sulit untuk mendeteksi kecenderungan anak dalam berperilaku, terutama jika berperilaku jahat
Ilustrasi Keluarga. Sulit untuk mendeteksi kecenderungan anak dalam berperilaku, terutama jika berperilaku jahat /Pixabay/Mabel Amber/
 
BERITA KBB - Sangat sulit untuk mendeteksi kecenderungan anak dalam berperilaku, terutama jika berperilaku jahat, karena biasanya anak-anak yang secara mental bisa dibilang “sakit” ini cenderung sangat tertutup dan ternyata dapat bisa menjadi bocah paling jahat. 
 
Meskipun ada beberapa tanda yang dapat dibaca seperti, perubahan nafsu makan, perubahan pola tidur, perubahan aktivitas bersosialisasi, aktivitas akademis, dan atau bermain, namun terkadang tanda-tanda ini luput dari perhatian orangtua dan orang sekitarnya.
 
Seiring perkembangan zaman, orangtua semakin merasa kesulitan dalam memahami anak mereka. pengaruh didikan orangtua yang salah, pergaulan, tayangan televisi, internet, dan lain-lain, rasanya terlalu kuat untuk mendukung perubahan mental anak-anak.
 
 
Sebab faktor-faktor yang telah disebutkan, di zaman ini semakin marak kejahatan yang dilakukan oleh anak di bawah umur. Kadang-kadang sebagai orangtua miris melihat hal ini.
 
Lionel Tate Bocah 12 tahun ini mengaku meniru gerakan ketika dia memukul seorang gadis berusia 6 tahun sampai tidak bernyawa pada tahun 1999. Lionel mengaku juga kalau dia sudah mengunci kepala gadis itu sebelum membenturkannya ke meja.
 
Meskipun Lionel Tate termasuk siswa yang cemerlang, Tate dikenal karena perilaku tempera mentalnya dan sering mencuri, dan dia juga pernah menjadi diskor 15 kali di sekolahnya.
 
 
Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada tahun 2001 untuk pembunuhan tingkat pertama, ketika kasusnya dikaji ulang pada tahun 2004 dia bebaskan.
 
Para ahli yang mendampingi anak itu percaya bahwa uji kompetensi mental harus sudah atau tetap dilakukan sebelum sidang. Sekarang Lionel Tate masih dalam masa percobaan dan memakai monitor kaki kaki.
 
***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x