Apakah Mandi Malam Hari Baik Untuk Kesehatan? Simak Penjelasannya!

- 21 Juli 2022, 08:03 WIB
Ilustrasi mandi /
Ilustrasi mandi / /tookapic/Pixabay
 
 
BERITA KBB - Banyak yang mengira mandi di malam hari menimbulkan berbagai penyakit dan tak baik untuk kesehatan. Namun, nyatanya mandi malam hari juga bisa memberikan manfaat baik untuk tubuh yang tentunya baik untuk kesehatan anda.
 
Banyaknya anggapan bahwa bahaya mandi malam hari seperti memicu masuk angin, rematik hingga menimbulkan penyakit - penyakit yang lainnya membuat banyak orang takut untuk mandi saat malam hari. 
 
Namun, perlu diketahui bahwa mandi di malam hari jika dilakukan dengan benar dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. 
 
 
Hingga saat itu, belum ada banyak studi yang membuktikan efek samping mandi malam secara langsung terhadap tubuh, terutama memberi efek tak baik bagi kesehatan. 
 
Bahkan, jika dibandingkan dengan efek yang tak baik, justru sudah ada banyak studi yang membuktikan manfaat mandi malam untuk kesehatan, mulai dari kualitas tidur hingga yang lainnya.
 
Melansir dari hellosehat.com, berikut penjelasan dari 3 manfaat mandi di malam hari yang baik untuk kesehatan anda dan perlu anda ketahui, diantaranya sebagai berikut :
 
 
1. Meningkatkan Kualitas Tidur
 
Manfaat pertama yang dapat Anda peroleh dengan mandi malam adalah kualitas tidur yang meningkat.
 
Mandi malam, terutama dengan memakai air hangat, akan membantu menurunkan suhu tubuh Anda.Penurunan suhu tubuh inilah yang akan membantu Anda merasa lebih rileks dan cepat mengantuk.
 
Selain itu, bagi Anda yang sering susah tidur karena nyeri otot dan pegal-pegal setelah seharian beraktivitas, mandi malam bisa menjadi solusi yang paling tepat.
 
Suhu air hangat saat mandi akan membantu mengistirahatkan otot-otot tubuh yang tegang dan kaku sehingga tidur Anda akan jauh lebih nyenyak.
 
2. Membantu Mengurangi Stres
 
Dengan mandi malam, Anda juga akan mendapatkan manfaat terhindar dari stres serta kecemasan.
 
Stres adalah salah satu pengganggu tidur di malam hari. Setelah melewati aktivitas yang padat seharian, pikiran Anda mungkin lebih rentan dilanda stres sehingga tidur pun terganggu.
 
Nah, mandi di malam hari akan merangsang produksi senyawa endorfin dan noradrenalin di dalam tubuh.
 
Kedua senyawa tersebut dapat memberikan efek yang serupa dengan obat antidepresan sehingga Anda akan merasa lebih rileks dan tenang.
 
Apabila Anda tengah menghadapi kecemasan dan depresi, mandi malam hari dengan air dingin juga akan membantu mengurangi gejala-gejala yang mengganggu tidur Anda.
 
3. Menurunkan Tekanan Darah
 
Manfaat selanjutnya dari mandi di malam hari adalah penurunan pada tekanan darah Anda. Hal ini tentunya akan berdampak baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.
 
Ternyata, mandi air hangat selama 11-15 menit sebelum tidur membantu menurunkan tekanan darah sebanyak 16 mm Hg.
 
Jika Anda rutin menjalani kebiasaan mandi malam dengan air hangat setiap hari, tentunya akan ada peningkatan pada kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.
 
Nah, itulah tadi 3 manfaat mandi di malam hari untuk kesehatan tubuh Anda. Selamat beristirahat.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Halo Sehat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x