Keutamaan Membaca Surat Al- Fatihah, Penawar Obat dan Terkabulnya Hajat

- 21 Juli 2022, 07:51 WIB
Ilustrasi Al Quran Surah Al Fatihah
Ilustrasi Al Quran Surah Al Fatihah /Pexels/ GR Stocks/
 
 
BERITA KBB - Surat Al-Fatihah merupakan salah satu surat yang sering dibaca setiap hari karena menjadi syarat sah salat. Surat tersebut ternyata memiliki banyak keutamaan yang perlu untuk anda semua ketahui.
 
Selain menjadi syarat sah salat, ternyata surat pembuka dalam al - qur'an tersebut memiliki keutamaan sebagai salah satu perantara terkabulnya hajat yang kita panjatkan kepada Allah SWT.
 
Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW:
 
ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ﻟﻤﺎ ﻗﺮﺋﺖ ﻟﻪ
 
Artinya: “Jika kita punya suatu hajat apapun, surat Al-Fatihah bisa menjadi perantara untuk hajat tersebut.”
 
 
Selain keutamaan tersebut, tentu masih banyak keutamaan yang dimiliki oleh surat Al-Fatihah ini. Namun, Sebelum mengetahui keutamaan surat Al Fatihah, ada baiknya untuk mengenal terlebih dulu surat ini. 
 
Surat Al-Fatihah termasuk ke dalam surat Makiyah atau surat yang diturunkan di Makkah, dan terdiri dari 7 ayat. 
 
Adapun beberapa unsur pokok yang terdapat dalam surat Al- Fatihah itu sendiri meliputi tentang, keimanan, hukum islam, dan kisah-kisah Islam lainya. Ada pula beberapa kandungan yang mencakup tujuan dari Alquran.
 
 
Seperti prinsip dan turunan ajaran agama yang meliputi aqidah, ibadah, syariah, keyakinan atas hari akhir, keimanan atas sifat mulia Allah SWT pengesaan dalam penyembahan, juga permohonan pertolongan melalui doa.
 
Selain daripada itu, Al-Fatihah juga memiliki nilai-nilai akhlak yang sangat penting bagi generasi penerus bangsa, serta menjadi modal bagi seseorang untuk menjalani kehidupan yang sukses di masa depan.
 
Maka dari itu, melansir dari berbagai sumber, Surat Al-Fatihah memiliki beberapa keutamaan yang terkandung di dalamnya, diantaranya sebagai berikut:
 
1. Syarat Sah Salat
 
Surat Al-Fatihah menjadi satu di antara rukun salat sehingga selalu dibaca di setiap rakaat salat.
 
Keutamaan surat Al Fatihah menjadi syarat sah dan tidak sahnya salat seseorang. Karena surat ini adalah salah satu rukun dari salat sehingga tidak ada salat seseorang tanpa adanya Al-Fatihah. Hal tersebut pun turut dibenarkan dengan adanya sabda Rasulullah SAW.
 
Rasulullah SAW bersabda:
 
ﻟَﺎ ﺻَﻠَﺎﺓَ ﻟِﻤَﻦْ ﻟَﻢْ ﻳَﻘْﺮَﺃْ ﺑِﻔَﺎﺗِﺤَﺔِ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏِ
 
Artinya: "Tidak sah salatnya orang yang tak membaca Surat Al-Fatihah." (HR Muslim)
 
 
2. Sebagai Obat
 
Keutamaan surat Al-Fatihah untuk menyembuhkan penyakit disebut juga sebagai as-Syifa yang berarti obat.
 
Cara yang bisa digunakan adalah meminum air yang sudah dibacakan Surat Al-Fatihah dengan niat tulus, ikhlas dan hanya mengharap kesembuhan dari Allah semata penyakit apa pun bisa disembuhkan.
 
Allah SWT telah menegaskan bahwa Alquran adalah obat bagi berbagai macam penyakit.
 
وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلۡقُرۡءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٞ وَرَحۡمَةٞ لِّلۡمُؤۡمِنِينَ وَلَا يَزِيدُ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارٗا
 
"Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (QS Al Isra’: 82).
 
3. Dimudahkan Hajat
 
Membaca surat Al-Fatihah sembari meniatkan apa yang diinginkan niscaya keinginan tersebut akan terkabul atau hajat tersebut akan dimudahkan.
 
Sebuah hadist menjelaskan bahwa Al-Fatihah bergantung pada apa yang diniatkan pembacanya. Dan jangan mudah menyerah dengan apa yang diharapkan dan dipanjatkan.
 
Abu Hurairah mengatakan bahwa suatu saat Rasulullah SAW bersabda: “Allah telah berfirman, ‘Aku telah membagi (kandungan makna) surah Al Fatihah untuk-Ku dan untuk hamba-Ku menjadi dua bagian, dan Aku akan mengabulkan apa yang hamba-Ku pinta.’
 
Apabila dia membaca, ‘Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,’ Allah akan membalasnya dengan berfirman, ‘Hamba-Ku telah memuji-Ku.’ Apabila dia membaca, ‘Zat yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.’ Allah berfirman, ‘Hamba-Ku telah memuji-Ku.’ Apabila dia membaca, ‘Yang menguasai di hari pembalasan.’
 
Allah berfirman, ‘Hamba-Ku telah mengagungkan-Ku.’ Apabila dia membaca, ‘Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.’ Allah berfirman, ‘Ini adalah urusan antara Aku dan hamba-Ku, dan aku akan mengabulkan apa yang hamba-Ku pinta.’
 
Apabila dia membaca, ‘Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang yang telah Engkau beri nikmat (iman) kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.’ Allah berfirman, ‘Ini adalah untuk hamba-Ku, dan dia akan mendapatkan apa yang dua pinta’,” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’I dan Ibnu Majah)
 
4. Terhindar dari Godaan Setan
 
Mengamalkan surat Al-Fatihah diikuti dengan surat Al-Falaq dan An-Naas dapat memberikan perlindungan bagi pembacanya.
 
Amalan ini disarankan dilakukan sebelum tidur sehingga tidak ada godaan setan saat beristirahat.
 
Demikian, itulah keutamaan yang terdapat dalam surat Al-Fatihah yang telah Berita KBB rangkum. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengamalkannya dikehidupan sehari - hari anda.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x