5 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi! Jangan Sampai Terlewatkan

- 22 Juli 2022, 11:56 WIB
Ilustrasi otak dan daya ingat
Ilustrasi otak dan daya ingat /Unsplash/Bret Kavanaugh/
 
 
BERITA KBB - Kemampuan daya ingat dan konsentrasi biasa akan cenderung menurun seiring dengan pertambahan usia. Hal itu menyebabkan banyak orang yang gelisah dan resah. Karena untuk sebagian orang kondisi tersebut sangat ingin untuk dihindari.
 
Penurunan daya ingat atau pikun sebenarnya merupakan kondisi yang umum terjadi seiring bertambahnya usia. 
 
Daya ingat dan konsentrasi memiliki hubungan yang erat kaitannya dengan fungsi otak. Oleh sebab itu, untuk memiliki daya ingat dan konsentrasi yang baik, kesehatan otak harus tetap terjaga dan terpenuhi nutrisinya.
 
 
Nah, untuk itu, agar daya ingat dan konsentrasi kita tetap terjaga, tentunya anda dapat melakukan beberapa upaya.
 
Karena untuk mengatasi penurunan kinerja daya ingat dan konsentrasi, ada beberapa cara yang mungkin dapat membantu anda. Dengan menerapkan hal tersebut, tentunya kemampuan mengingat anda tetap optimal dan tidak termakan usia.
 
Melansir dari laman Alodokter, Berikut ada 5 cara untuk membantu anda meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang perlu untuk kalian ketahui dan terapkan. Diantaranya sebagai berikut :
 
 
1. Perhatikan Asupan Nutrisi
 
Otak tentu memerlukan asupan makanan bergizi agar dapat berfungsi dengan optimal. Perbanyak konsumsi makanan, seperti sayuran hijau, ikan, teh hijau, dan kacang-kacangan, agar fungsi otak lebih terjaga.
 
Selain itu, kurangi atau batasi konsumsi minuman beralkohol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan, bisa berdampak buruk pada fungsi kognitif atau proses berpikir dan memori seseorang.
 
 
2. Lakukan Senam Otak
 
Selain menjaga nutrisi dan berolahraga, otak juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. 
 
Senam otak dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, membaca, bermain catur, menguji ingatan dengan menghafal gambar, atau belajar memainkan alat musik.
 
3. Biasakan Diri Mengorganisir Hal - Hal Kecil
 
Sering sekali seseorang lupa akan barangnya karena diletakkan di sembarang tempat. Oleh karena itu, cobalah merapikan barang-barang pribadi di sekitar Anda.
 
Mulai dari hal-hal sepele, seperti menaruh barang kembali pada tempatnya, menulis agenda harian, dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Hal tersebut akan membuat otak lebih fokus, sehingga daya ingat tetap terjaga.
 
4. Aktif Bersosialisasi
 
Aktif bersosialisasi dan menjalin komunikasi, misalnya dengan teman, sahabat, dan orang-orang terdekat adalah salah satu cara meningkatkan daya ingat yang efektif.
 
Berkumpul dengan mereka memungkinkan Anda terbebas dari stres dan depresi. Kedua kondisi tersebut sangat erat kaitannya dengan penyebab menurunnya daya ingat.
 
Untuk beberapa kondisi, penggunaan obat-obatan atau suplemen juga dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat. Namun, konsultasikan lebih dulu ke dokter untuk memastikan efektivitas dan risiko yang dapat muncul.
 
5. Olahraga Secara Rutin 
 
Ada beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan otak, antara lain:
 
- Melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan meningkatkan suplai darah ke otak
- Mengurangi peradangan
- Mendorong perkembangan sel saraf baru
- Mengurangi resistensi insulin
- Merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak.
 
Melihat itu, maka anda disarankan untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, lari, atau berenang selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.
 
Nah, itu dia 5 cara yang dapat anda lakukan untuk tetap meningkatkan daya ingat serta konsentrasi yang dapat Berita KBB berikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x