7 Manfaat Membaca Buku di Hari Kunjung Perpustakaan 2023

- 13 September 2023, 23:00 WIB
Ilustrasi wanita saat baca buku.
Ilustrasi wanita saat baca buku. /Pixels / George./

 

BERITA KBB - Hari Kunjung Perpustakaan adalah hari yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai hari untuk menghargai dan mempromosikan peran perpustakaan dalam masyarakat. Hari ini jatuh pada tanggal 14 September setiap tahunnya. Di Indonesia, Hari Kunjung Perpustakaan juga menjadi momentum untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang masih rendah. Menurut data dari UNESCO, Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara dalam hal minat baca.

 

Membaca buku adalah salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan di perpustakaan. Buku adalah sumber ilmu pengetahuan, hiburan, dan inspirasi yang tak terbatas. Membaca buku juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kecerdasan, dan kesejahteraan Anda. Berikut adalah tujuh manfaat membaca buku yang bisa Anda rasakan di Hari Kunjung Perpustakaan 2023.

 

1. Meningkatkan Kecerdasan

Membaca buku dapat meningkatkan kecerdasan Anda dalam berbagai aspek, seperti kognitif, verbal, numerik, dan spasial. Membaca buku dapat memperluas wawasan, pengetahuan, dan kosa kata Anda. Membaca buku juga dapat melatih kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif Anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa membaca buku dapat meningkatkan IQ sebesar 3 poin.

 

2. Menurunkan Stres

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x