Hari Lanjut Usia Internasional 2023: Mengapa Penting untuk Memenuhi Janji Hak Asasi Manusia bagi Lansia

- 1 Oktober 2023, 14:38 WIB
Hari Lanjut Usia Internasional 2023: Mengapa Penting untuk Memenuhi Janji Hak Asasi Manusia bagi Lansia
Hari Lanjut Usia Internasional 2023: Mengapa Penting untuk Memenuhi Janji Hak Asasi Manusia bagi Lansia /

 

BERITA KBB - Hari Lanjut Usia Internasional atau International Day of Older Persons adalah peringatan tahunan yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 1 Oktober setiap tahunnya. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk menghargai kontribusi orang-orang lanjut usia dalam pembangunan, kesejahteraan, dan perdamaian dunia, serta untuk meningkatkan kesadaran tentang tantangan dan peluang yang dihadapi oleh lansia di era globalisasi.

 

Tema Hari Lanjut Usia Internasional tahun 2023 adalah “Fulfilling the Promises of the Universal Declaration of Human Rights for Older Persons: Across Generations” atau “Memenuhi Janji Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia untuk Orang Lanjut Usia: Lintas Generasi”. Tema ini mengajak masyarakat dunia untuk memastikan bahwa hak-hak asasi manusia bagi lansia tidak terabaikan, terutama di tengah pandemi COVID-19 yang berdampak besar pada kesehatan, ekonomi, dan sosial mereka.

 

Menurut data PBB, jumlah penduduk dunia yang berusia 60 tahun ke atas diperkirakan akan meningkat dari 962 juta pada tahun 2017 menjadi 2,1 miliar pada tahun 2050. Hal ini menunjukkan bahwa lansia merupakan kelompok populasi yang semakin besar dan penting, namun juga rentan terhadap diskriminasi, kekerasan, kemiskinan, dan isolasi.

 Baca Juga: 5 Resep Masakan untuk Vegetarian yang Enak dan Sehat

Oleh karena itu, perlu adanya upaya bersama dari pemerintah, masyarakat sipil, sektor swasta, media, keluarga, dan individu untuk melindungi dan mempromosikan hak-hak lansia, sesuai dengan prinsip-prinsip Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia yang diadopsi oleh PBB pada tahun 1948. Beberapa hak asasi manusia yang relevan bagi lansia antara lain adalah hak atas hidup, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, partisipasi, perlindungan sosial, dan martabat.

 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x