Hari Kesaktian Pancasila 2023: Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju

- 1 Oktober 2023, 08:01 WIB
Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 Libur Nasional
Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 Libur Nasional /freepik.com

 

BERITA KBB - Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober sebagai penghormatan kepada para pahlawan revolusi yang gugur akibat kekejaman Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI). Peringatan ini juga dimaksudkan untuk mengingatkan kembali nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia.

 

Tahun ini, peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 bertema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”. Tema ini menggambarkan tekad dan semangat bangsa Indonesia untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman, serta mewujudkan cita-cita kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila.

 

Berdasarkan surat edaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nomor: 31328/MPK.F/TU.02.03/2023, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 akan dilaksanakan secara luring dan daring di tingkat pusat, daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan satuan pendidikan.

 Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV I'm Addicted to Neng Supir Angkot, Erdin Werdrayana dan Dea Annisa, Tayang 10:00 WI

Upacara di tingkat pusat akan dilaksanakan pada Minggu, 1 Oktober 2023 pukul 08.00 WIB di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Upacara ini akan dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai inspektur upacara.

 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x