Wajib Baca, Tips Menjaga Berat Badan Selama Pandemi

- 3 Oktober 2020, 23:04 WIB
Ilustrasi makanan sehat
Ilustrasi makanan sehat /Pikiran-Rakyat.Com/Ade Bayu Indra

BERITA KBB - Saat Anda melakukan karantina sendiri atau mengikuti anjuran pemerintah yang meminta Anda untuk berlindung di tempat karena pandemi virus corona, Anda terpaksa akan tetap ada di rumah. 

Jika Anda salah satu dari banyak orang yang terbiasa pergi bekerja, berada di rumah kemungkinan besar telah mengubah rutinitas makan Anda yang biasa. Mudahnya mendapatkan makanan, dan tingkat stres yang lebih tinggi dari biasanya bisa menjadi faktor pendukung untuk makan berlebihan. 
 
Namun, jika Anda belum terbiasa dengan rutinitas baru Anda, ada beberapa kiat utama untuk tetap menjaga lingkar pinggang Anda seperti yang dikutip dari The Healthy. Com. 
 
 
Buat Jadwal Makan 
 
Bagi Anda yang tidak terbiasa sarapan, selama bekerja dari rumah coba usahakan ubah kebiasaan tersebut. Karena sebuah penelitian tahun 2020 yang diterbitkan dalam "The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism", menemukan bahwa energi yang dikeluarkan tubuh Anda untuk mencerna dan memetabolisme makanan dua kali lebih tinggi saat sarapan dibandingkan makan malam. 
 
Penelitian ini adalah bukti yang mendukung nasihat lama untuk sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran, dan makan malam seperti orang miskin. Para peneliti mencatat bahwa selain membakar lebih banyak kalori di pagi hari, relawan yang makan sarapan lebih banyak dan makan malam lebih kecil mengalami kontrol gula darah dan insulin yang lebih baik. Dan ketika subjek penelitian makan sarapan lebih sedikit dan makan malam lebih banyak, mereka mengalami peningkatan perasaan lapar sepanjang hari. 
 
Luangkan waktu untuk membuat sarapan yang lebih banyak dan sehat sebelum Anda memulai hari untuk bekerja. Berhentilah untuk makan siang sekitar lima jam kemudian, dan siapkan makan malam yang lebih ringan tiga hingga empat jam setelah makan siang. Biarkan setidaknya tiga jam antara makan malam dan waktu tidur untuk pencernaan yang baik. Latihan ini juga akan mendukung kualitas tidur.
 
 
Jangan Makan Saat Anda Bekerja 
 
Anda tergoda untuk diam saat mengetik, mendengarkan panggilan konferensi, atau menjawab email, tetapi yang terbaik adalah istirahat. Sebuah penelitian tahun 2020, yang diterbitkan dalam "The American Journal of Clinical Nutrition", menemukan bahwa gangguan makan memengaruhi pemrosesan rasa, dan meningkatkan kerentanan untuk makan berlebihan. 
 
Patuhi jadwal makan yang Anda tetapkan, dan jangan melakukan kegiatan apapun saat Anda menikmati makanan hingga bisa berhenti saat kenyang. 
 
Prioritaskan Makanan Utuh
 
Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi makanan olahan membuat orang mengonsumsi lebih dari lima ratus kalori sehari yang bisa mengakibatkan semakin bertambahnya berat badan. 
 
 
Cobalah konsumsi sayuran segar atau beku, protein tanpa lemak, seperti kacang-kacangan, ikan, lemak baik, termasuk minyak zaitun. Selaon itu bisa juga konsumsi alpukat, kacang-kacangan , dan porsi kecil karbohidrat makanan utuh, termasuk buah segar, biji-bijian, dan sayuran bertepung.
 
 
Temukan Cara untuk Mengatasi Stres 
 
Mengonsumsi makanan untuk menenangkan diri adalah sifat manusia. Tetapi pola mengonsumsi makanan yang terus menerus untuk mengatasi emosi Anda niscaya akan menyebabkan penambahan berat badan, menguras energi, mengganggu tidur, dan bahkan melemahkan kekebalan. 
 
Cobalah berkomunikasi dengan teman, ikut kelas yoga, mendengarkan musik, membaca, menggambar, menari, atau sekadar menonton video lucu. Berada di rumah dapat memberi Anda kebebasan dan fleksibilitas untuk menguji keterampilan baru dan menumbuhkan kebiasaan yang lebih sehat. Fokuslah pada keseimbangan untuk menjaga kesehatan mental dan fisik, tetap produktif, dan maju hari demi hari.***

Editor: Ade Bayu Indra

Sumber: The Healthy


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x