Kabar Menyedihkan! BTS tidak Bisa Dibebaskan dari Wamil, ARMY Siap-siap Nangis Bombay

- 9 Oktober 2020, 18:04 WIB
Para member BTS.
Para member BTS. /Instagram.com/@bighit_ent

BERITA KBB – Dalam beberapa bulan terakhir, baik para penggemar maupun masyarakat umum meminta agar group band idol K-Pop BTS dibebaskan dari wajib militer atau wamil seiring dengan besarnya kontribusi mereka terhadap perekonomian di Korea.

Wajib militer atau sering kali disingkat sebagai wamil adalah kewajiban bagi seorang warga negara berusia muda terutama pria, biasanya antara 18 - 27 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara dan mengikuti pendidikan militer guna meningkatkan ketangguhan dan kedisiplinan seorang itu sendiri.

Meski demikian, Administrasi Tenaga Militer (MMA) Korea mengumumkan pada Jumat, 9 Oktober 2020 bahwa pihaknya tidak bisa membebaskan kewajiban militer bagi grup band BTS tersebut atas asas keadilan dan kesetaraan.

Baca Juga: HORE!!! Bioskop di Kota Bandung Kembali Buka Mulai Hari Ini, Jumat 9 Oktober 2020

Berdasarkan pengalaman sebelumnya dan aturan umum, sebenarnya untuk kasus-kasus tertentu bisa dibebaskan dari wajib militer. Hal itu seperti diberikan pada atlet berprestasi dan juga musisi klasik terkenal.

Pesepakbola Son Heung Min atau lebih populer dipanggil Sonny misalnya, dibebaskan dari wajib militer setelah ia menyumbang medali emas untuk Korea pada 2018 lalu.

Namun, seperti dikutip BERITA KBB dari Koreaboo, MMA tetap dengan keputusannya bahwa grup idol K-Pop tidak akan diberikan pengecualian untuk menjalani wajib militer. Menurut MMA, penyanyi K-Pop tidak termasuk kriteria pembebasan wamil yang ditetapkan pemerintah Korea.

Baca Juga: Harbolnas 10.10, HP Oppo Diskon Gila-gilaan, Harga 2 Jutaan-4 Jutaan

Meski demikian, penangguhan pendaftaran wajib militer bisa saja diberikan. Saat ini, revisi undang-undang terbaru tengah digodok, di mana K-Pop diperbolehkan menunda wajib militer sampai usia maksimal 30 tahun.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari

Sumber: Koreaboo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x