Kemesraan Beijing dengan Moskow Bikin Ukraina dan Amerika Serikat Gerah, Cina Berikan Respon Menohok

- 20 Februari 2023, 23:07 WIB
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, diambil dari instagram/@zelenskiy_official.
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, diambil dari instagram/@zelenskiy_official. /

 

Berita KBB - Presiden Ukraina Voloydmyr Zelenskiy menyebut bahwa jika Cina memutuskan mendukung Rusia dalam perang terhadap Ukraina, maka perang dunia akan kembali terjadi.

Menanggapi kunjungan diplomat tinggi Cina Wang Yi ke Moskow, Rusia pada Senin 20 Februari 2023, Zelenskiy mengatakan, Kyiv ingin Beijing berada pada pihaknya.

“Untuk kami, penting bahwa Cina tidak mendukung Federasi Rusia di peperangan ini. Kenyataannya, saya ingin mereka berada di pihak kami. Tapi saat ini, saya pikir tidak mungkin,” ujar Zelenskiy kepada media Jerman, seperti dikutip The Guardian.

S3Baca Juga: Acuhkan Ancaman Misil Rusia, Presiden AS Joe Biden Umumkan Tambahan Suplai Senjata Untuk Ukraina, Apa Saja?

Meski demikian, ia mengaku melihat kesempatan bagi Cina untuk membuat asesmen pragmatis terhadap situasi yang terjadi di Ukraina. Pasalnya, jika Cina bersekutu dengan Rusia, maka akan terjadi perang dunia, dan ia berpikir Cina tidak tahu akan hal tersebut.

Hal itu Zelenskiy katakan menyusul permintaan dari juru bicara kementerian luar negeri Cina, Wang Wenbin, kepada pihak Washington untuk tidak mencampuri hubungannya dengan pihak Moskow.

“Amerika Serikat tidak berhak untuk menuntut apapun terhadap Cina,” ujar Wang yang merespons peringatan dari sekretaris negara Amerika Serikat Antony Blinken terhadap dukungan peralatan dari Beijing untuk serangan Rusia ke Ukraina.

Baca Juga: Mau Main Game Android di PC? Google Play Games Beta Sudah Hadir di Indonesia, Simak System Requirement-nya

Lanjutnya, kemitraan kolaboratif dan komprehensif antara Cina dan Rusia berdasarkan pada asas tidak berpihak, tidak mencampuri dan tidak mengincar pihak ketiga. Selain itu, hubungan antara Cina dan Rusia adalah urusan dalam kedaulatan dua negara merdeka.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x