2.500 Demonstran Tak Berhenti Meminta Reformasi Sistem Monarki di Thailand

- 16 November 2020, 07:59 WIB
Ilustrasi aksi di jalanan di Thailand.
Ilustrasi aksi di jalanan di Thailand. /pixabay.com / karolranis


BERITA KBB- Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mengatakan kepada para simpatisan tentang pentingnya persatuan. Pemerintahan dan sistem monarki negara tersebut sedang diguncang dengan tuntutan jalanan selama berbulan-bulan untuk melakukan reformasi.

Raja disambut dengan menunjukkan dukungan ketika tiba di acara peresmian rel kereta api di barat kota. Dalam acara ini ribuan orang berkumpul dengan kemeja kuning, mengibarkan bendera nasional dan meneriakkan "panjang umur raja".

"Dia menyuruh saya untuk menunjukkan kepada anak-anak betapa pentingnya persatuan negara," kata seorang guru yang berswafoto dengan raja, Donnapha Kladbupha, Senin 16 November 2020 seperti yang dilansir RRI.

Baca Juga: Kegiatan Habib Rizieq Dipastikan Tak Berijin, Doni Monardo: Jangan Buat Perjuangan Jadi Sia-Sia

Baca Juga: Ramalan Zodiak Libra, Scorpio dan Sagitarius Hari Ini Senin 16 November 2020

Di sisi lain, sekitar 2.500 demonstran berkumpul di Monumen Demokrasi ibu kota, Bangkok, dalam protes berbulan-bulan terakhir terhadap Perdana Menteri, Prayuth Chan-ocha, dan menuntut perubahan pada konstitusi serta reformasi monarki. Para pengunjuk rasa menutupi bagian tengah monumen, yang telah menjadi tempat berkumpulnya protes.

"Kediktatoran dihancurkan, demokrasi akan makmur," teriak pengunjuk rasa yang memanjat bangunan setinggi tiga meter itu.

Saat iring-iringan mobil yang membawa raja dan Ratu Suthida lewat, mereka berbalik, memberi hormat tiga jari seperti dalam film The Hunger Games kepada para juru kampanye pro-demokrasi. Mereka menyanyikan lagu kebangsaan sebagai pertunjukan terbaru ketidakpuasan terhadap monarki.

Baca Juga: Sinopsis Chandra Nandini ANTV Senin 16 November 2020, Chandra Goda Nandini dengan Menyamar

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x