Perahu dari Gubernur Jabar Bantu Siswa SDN Ciloma Kabupaten Sukabumi Seberangi Sungai Cikaso untuk Sekolah

- 24 Januari 2022, 11:32 WIB
Perahu menyeberangi Sungai Cikaso
Perahu menyeberangi Sungai Cikaso /JQR/

BERITA KBB - Puluhan siswa SDN Ciloma harus berjuang keras untuk belajar di sekolah. Setiap hari mereka harus menyeberangi Sungai Cikaso, satu-satunya akses menuju sekolah yang berlokasi di kampung Ciloma Desa Cibitung Kecamatan Cibitung Kab. Sukabumi. 

Dengan menumpang perahu kayu yang lewat untuk pulang dan pergi ke sekolah.  Tak hanya jarak dan akses menuju sekolah yang menjadi hambatan, habibat buaya di wilayah sungai juga menjadi ancaman tersendiri bagi murid-murid sekolah yang tiap hari harus berangkat menyeberangi sungai tersebut.

Ketua Umum Jabar Quick Response(JQR) Bambang Trenggono menyebutkan, pemberian Perahu antar jemput murid SDN CIloma Sukabumi merupakan bukti kasih sayang dari seorang Pemimpin Ridwan Kamil. "Kang Emil berusaha sekuat tenaga ingin mewujudkan semua harapan warganya khususnya kebutuhan kebutuhan primer atau dasar, "kata dia.

Baca Juga: Jabar dan Shopee Luncurkan Kelas Perdana Kurikulum Bisnis Digital bagi Siswa SMK Se-Jabar

Bambang mengatakan, sebelumnya SDN Ciloma ini jarang mendapatkan perhatian, sebab akses dan jarak yang sangat jauh. "Namun Kang Emil mengatakan justru warga Jabar yang jauh jaraknya ini harus jadi prioritas, agar diperlakukan seadil adilnya, " ucapnya.

Harapan Bambang, kasus seperti ini disikapi seadil adilnya, agar seluruh warga Jabar merasakan hasil dan kinerja pemerintahan. "Biasanya orang orang yang mudah terjangkau saja yang merasakan dampak kerja pemerintahan. ini juga bisa menerjemahkan sila ke 5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, " katanya.

Kordinator operasional JQR, Irvan Hilmy mengatakan, Sekolah ini terletak di pinggir Sungai Cikaso ke arah muara laut kidul. Perjanan dari dermaga Cikaso sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan perahu mesin atau sampan.

Baca Juga: PTM 100 Persen di Kuningan, Siswa Lebih Memahami Pelajaran Secara Offline

Sedangkan para siswa siswi yang bersekolah di SD Ciloma mayoritas menyebrang Sungai Cikaso pulang pergi dikarenakan letak sekolah SD Ciloma bersebrangan dengan tempat tinggal mereka.

“Sekolah sendiri belum memiliki alat transportasi (perahu) sehingga murid harus menunggu perahu lain yang melintas dan memiliki tujuan yang sama, tidak jarang siswa pun sering kesiangan. Siswa yang berasal dari Desa Sumberjaya (sebrang sekolah) pun juga harus menyebrang menggunakan perahu warga,”ujar Irvan.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x