Pemprov Jabar Telah Revitalisasi 21 Pasar Tradisional Lewat Program Pasar Rakyat Jabar Juara

- 26 Februari 2022, 21:45 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Duta Pasar Prov. Jawa Barat Meresmikan Pasar Rakyat Cisarua, Kab. Bogor - Sabtu, 26 Februari 2022 .
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Duta Pasar Prov. Jawa Barat Meresmikan Pasar Rakyat Cisarua, Kab. Bogor - Sabtu, 26 Februari 2022 . /Syahdan Mustafa/

BERITA KBB - Pasar Cisarua di Kabupaten Bogor yang puluhan tahun kondisinya tak tertata dan kumuh kini sudah jauh lebih baik. Pemda Provinsi Jawa Barat menggelontorkan anggaran sebesar Rp 33 miliar untuk merevitalisasi pasar terluas di Jabar tersebut melalui Program Pasar Rakyat Jabar Juara.

Wajah baru Pasar Cisarua ini diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Sabtu (26/2/2022).

"Pasar terluas di Jabar yang puluhan tahun kumuh dan tidak tertata sekarang sudah jauh lebih baik dengan pembangunan baru. Dananya dari Pemprov, kemudian ditambah Rp 6 miliar dari Pemkab Bogor menjadikan pasar ini luar biasa," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga: Harga Emas di Pasar Perdagangan Berjangka Naik Tidak Lama Setelah Aksi Militer Rusia ke Ukraina

Pasca revitalisasi Pasar Cisarua kini terlihat lebih rapi, PKL tertata dan bebas sampah. Seluruh blok pasar menggunakan konsep atap Julang Ngapak khas Sunda dan terdapat foodcourt di beberapa blok yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan.

"Kelebihan Pasar Cisarua ada Alun-alunnya dan foodcourt," ucap Kang Emil. 

Kang Emil mengaku senang berbelanja ke pasar tradisional ketimbang pasar modern. Namun syaratnya, lanjutnya, pasar harus higienis dan tertata rapi seperti Pasar Cisarua sekarang.

Baca Juga: Tekan Harga Minyak Goreng, Pemkot Bandung Gelar Operasi Pasar di Tiga Titik

"Jujur saya cenderung lebih suka belanja di pasar tradisional daripada pasar modern asalkan tempatnya bersih, dan ini juga yang disukai kalangan menengah ke atas," ujarnya.

Tak hanya merevitalisasi area dalam pasar, Pemda Provinsi Jabar rencananya membenahi pula jalan akses masuk pasar yang kondisinya kini relatif sempit dan agak rusak.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x