Rute dan Maskapai Bertambah, Okupansi Penumpang di Bandara BIJB Capai 71 Persen

- 28 Desember 2023, 21:40 WIB
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, resmi beroperasi penuh mulai 29 Oktober 2023.
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, resmi beroperasi penuh mulai 29 Oktober 2023. /Instagram @kertajati_airport

BERITA KBB - Okupansi penumpang di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati kini sudah mencapai 71 persen. Rute dan maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke BIJB pun terus bertambah. 

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Jabar Iendra Sofyan, saat ini BIJB setiap hari melayani 1.589 penumpang.

"Jumlah penumpang tersebut dengan rata-rata _load factor_ 71,25 persen. BIJB juga telah melayani lalu lintas kargo rata-rata 7.038 kilogram per hari," ujar Iendra Sofyan di Bandung, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga: Dua Bulan Operasi Penuh, Penumpang di BIJB Kertajati Bisa Terbang ke Enam Kota Tujuan, Denpasar Jadi Primadona

Dari BIJB kini ada enam kota tujuan penerbangan baik domestik maupun internasional.

"Enam kota tujuan itu adalah Denpasar, Balikpapan, Kualanamu, Kualalumpur, Ujungpandang dan Batam, dengan frekuensi rute tertinggi, Denpasar sebesar 58 persen," papar Iendra.

Maskapai yang melayani BIJB ke enam kota tujuan tersebut adalah Super Air Jet, Citilink, Indonesia Air Asia, Air Asia Berhard dan Malysia Airlines, dengan pergerakan maskapai tertinggi adalah Super Air Jet.

Baca Juga: Akan Beroperasi Penuh, Persib Bandung Dukung BIJB Kertajati

Executive General Manager Angkasa Pura 2 (AP 2) BIJB Nuril Huda Mahmudan menjelaskan, tingkat keterisian penumpang tersebut masih akan terus bertambah, namun angka 71 persen terebut dinilai cukup bagus.

"Secara umum masih cukup bagus, karena keterisian penumpang masih di 70 persen lebih. Kita akan berupaya terus untuk meningkatkan keterisian penumpang ke depan," tegas Nuril.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x