Keistimewaan Mengamalkan Ibadah di Bulan Sya’ban

- 4 Maret 2021, 09:26 WIB
Keistimewaan Mengamalkan Ibadah di Bulan Sya’ban
Keistimewaan Mengamalkan Ibadah di Bulan Sya’ban /mohamed_hassan/Pixabay.com

BERITA KBB - Hari berganti bulan pun bergulir. Tanpa terasa bulan Rajab akan berlalu, bulan Sya’ban tinggal menghitung hari.

Bulan Mulia Ramadhan tinggal selangkah lagi. Bulan Sya’ban adalah bulan ke delapan dari nama-nama bulan kalender Hijriyah, setelah bulan Rajab dan sebelum bulan Ramadhan.

Bulan Sya’ban adalah bulan yang diistimewakan dan diagungkan Nabi Muhammad SAW. Sehingga selayaknya bagi seluruh kaum muslim untuk turut pula mengagungkan bulan ini.

Baca Juga: Fakta-Fakta tentang Mendiang Rina Gunawan, Terjun ke Dunia Bisnis WO hingga Berhasil Turunkan Berat Badan

Dalam sebuah hadis, Nabi Saw bersabda; Sya’ban adalah bulan dimana amal seseorang dilaporkan kepada Allah Swt dan saya senang bila amalku dilaporkan dalam keadaan saya berpuasa”.

Dalama kitabnya Ma dza Fi Sya’ban, Sayyid Muhammad bin Abbas al-Maliki menjelaskan banyak riwayat yang menjelaskan tentang keagungan dan keutamaan bulan Sya’ban ini, termasuk di antaranya mengapa bulan ini dinamakan bulan Sya’ban.

 

Sayyid Muhammad mengutarakan beberapa pandangan ulama’ mengenai asal usul kata “Sya’ban” sekaligus makna yang terkandung di dalamnya sebagaimana Berita KBB kutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Varian Virus Corona Baru Sudah Masuk Jawa Barat, B117 Dari Inggris Lebih Menular

Sebagian ulama mengatakan, Sya‘ban berasal dari Syâ‘a bân yang bermakna terpancarnya keutamaan. Menurut ulama lainnya, Sya‘ban berasal dari kata As-syi‘bu (dengan kasrah pada huruf syin), sebuah jalan di gunung, yang tidak lain adalah jalan kebaikan.

Halaman:

Editor: Asep Budiman

Sumber: Wikipedia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x