Kapan Puasa 9-10 Muharram yang Jatuh di Bulan Agustus 2021? Berikut Ini Penjelasan dan Doa Niat Puasanya

- 3 Agustus 2021, 18:00 WIB
Kapan Puasa 9-10 Muharram yang Jatuh di Bulan Agustus 2021? Berikut Ini Penjelasan dan Doa Niat Puasanya
Kapan Puasa 9-10 Muharram yang Jatuh di Bulan Agustus 2021? Berikut Ini Penjelasan dan Doa Niat Puasanya /muslim.org

 

BERITA KBB-Tak lama lagi umat muslim akan dipertemukan puasa 9-10 Muharram yang jatuh pada bulan Agustus 2021.

Di Bulan Muharram itu, terdapat dua puasa sunnah yang dianjurkan ulama, selain Puasa Senin Kamis dan Puasa Ayyamul Bidh tanggal 12, 13, 14 Muharram. Dua puasa sunnah itu adalah yaitu Puasa Tasu'a 9 Muharram dan Puasa Asyura 10 Muharram.

Pada puasa 10 Muharram atau puasa Asyura adalah amalan puasa sunah yang dianjurkan bagi umat Islam. Banyak sekali keutamaan dan pahalanya juga besar. Lantas, Lantas kapan Puasa Tasua dan Puasa Asyura 2021?

Baca Juga: Doa Sebelum Tidur dan Setelah Bangun Tidur, Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Berikut ini penjelasan dan doa niat puasa Tasu'a 9 Muharram dan puasa Asyura 10 Muharram. Besert pelaksanaannya:

Menurut kalender PBNU 1 Muharram 1443 H jatuh pada tanggal 10 Agustus 2021. Itu artinya Puasa Tasu'a 9 Muharram jatuh pada tanggal 18 Agustus 2021, sementara Puasa Asyura 10 Muharram jatuh pada 19 Agustus 2021.

Salah satu keutamaan puasa Asyura selain menghapuskan dosa sehatun, Puasa Asyura ternyata bisa membuka pintu surga bagi yang mengerjakannya.

Baca Juga: 10 Dosa Besar yang Halangi Datangnya Rezeki Seorang Hamba, Begini Penjelasan Ustadz Yuzuf Mansyur

Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda:


إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

Artinya: "Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan : Manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi." (HR Bukhari dan Muslim).

Hadist di atas pun sangat jelas menerangkan, bahwasannya bagi muslim yang melaksanakan puasa sunnah Asyura, maka jaminannya adalah pintu surga.

Selain itu memperbanyak berdoa, agar pahala dan berkahnya semakin melimpah. ibnu Abbas radhiyallahu ’anhuma berkata bahwa:

“Ketika Rasullullah Shalallahu alaihi wassalam melakukan puasa hari Asyura dan memerintahkan kaum muslimin untuk melakukannya, pada saat itu ada yang berkata: “Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani.”

Baca Juga: 3 Keutamaan Melaksanakan Sholat Qobliyah Subuh, Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Lantas Rasulullah SAW bersabda: “Apabila tiba tahun depan Insya Allah kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan.” Ibnu Abbas mengatakan: “Belum sampai tahun depan, Rasulullah SAW sudah keburu meninggal dunia.” (HR. Muslim: 1916).

Puasa Asyura fadhilahnya juga bisa menghapus dosa setahun. Sebagaimana disebutkan dalam hadist dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ، أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

“Puasa hari Asyura, aku mengharap kepada Allah, puasa ini menghapuskan (dosa) setahun yang telah lewat”. (HR. Muslim : 1162).

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x