Sejuta Keberkahan Melaksanakan Shalat Dhuha, Simak Penjelasan-Nya!

- 5 Juni 2022, 10:34 WIB
Sholat dhuha merupakan shalat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW
Sholat dhuha merupakan shalat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW /Pexels/ @Michael Burrows/
 
 
BERITA KBB - Bagi seorang muslim mendengar shalat dhuha tentunya bukan suatu hal yang asing atau baru terdengar.
 
Shalat dhuha terkenal dikalangan muslim sebagai shalat yang dapat memperlancar rezeki ini ternyata banyak menyimpan keberkahan dan keutamaan.
 
Shalat sunnah yang dilakukan seorang muslim pada waktu  ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya hingga waktu dzuhur. Jumlahnya raakat shalat ini genap dapat 2,4,6,8 dan maksimal 12 rakaat dengan dilakukan 2 raakat sekali salam.
 
 
 
"Kerjakanlah sholat subuh kemudian tinggalkanlah salat hingga matahari terbit, sampai matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah Matahari)." (HR. Muslim)
 
Sejuta keberkahan ketika seorang muslim melaksanakan shalat dhuha ialah, dapat kalian ketahui bahwa shalat dhuha itu merupakan sedekah dan investasi amal cadangan.
 
Seperti yang dikatakan diatas shalat dhuha disebut dengan sedekah terbaik. Hal ini pun ditegaskan dalam sebuah hadist H.R Muslim yakni :
 
 
 
"Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat." (HR Muslim)
 
Selain itu keberkahan yang didapatkan dengan melaksanakan shalat dhuha ini kita akan mendapatkan keuntungan yang besar, dicukupi kebutuhan hidupnya, diampuni semua dosa walaupun sebanyak buih dilaut, mendapatkan pahala seperti yang dilakukan orang ketika berhaji dan umrah, serta dinantikan oleh istana surga.
 
Disini dapat kita lihat bahwa keberkahan yang diberikan Allah SWT untuk seseorang yang melaksanakan shalat dhuha tak terbatas.
 
 
Dapat kalian pahami, bahwa selain itu shalat dhuha ini merupakan shalat yang dianjurkan juga oleh Rasulullah SAW.
 
Berdasarkan hadits riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah "Kekasihku Rasulullah shalallahu 'allaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku dengan tiga perkara. Pertama, puasa tiga hari dari setiap bulan. Kedua, dua rakaat shalat dhuha. Ketiga, agar aku shalat witir sebelum tidur."
 
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x