Khutbah Jumat 8 Juli 2022, Tema Tentang Keutamaan Melaksanakan Ibadah Haji

- 6 Juli 2022, 15:26 WIB
Ilustrasi Ibadah Haji
Ilustrasi Ibadah Haji /pixabay.com/konevi/


BERITA KBB- Menunaikan rukun islam ke-5 yakni Ibadah haji sangat dianjurkan bagi umat muslim yang mampu secara fisik maupun finansial.

Pelaksanaan ibadah haji dapat ditunaikan pada bulan Syawwal, Dzulqa’idah, dan 9 Dzulhijjah. Keutamaan dan makna dari menunaikan ibadah haji sangatlah berlimpah.

Berhaji adalah menyengaja untuk mengunjungi Ka'bah kemudikan melaksanakan semua ketentuan dan tahapan yang harus dilalukan ketika haji.

Baca Juga: Bupati Bogor Nonaktif Ade Yasin Bakal Jalani Sidang di Tipikor Bandung

Melaksanakan haji tentu memiliki makna dan hikmah yang luar biasa. Pelaksanaan ibadah haji telah Allah jelaskan dalam QS Ali- Imran ayat 96-97


إِنَّ أَوَّلَ بَيۡتٖ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكٗا وَهُدٗى لِّلۡعَٰلَمِينَ فِيهِ ءَايَٰتُۢ بَيِّنَٰتٞ مَّقَامُ إِبۡرَٰهِيمَۖ وَمَن دَخَلَهُۥ كَانَ ءَامِنٗاۗ وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ ٱلۡبَيۡتِ مَنِ ٱسۡتَطَاعَ إِلَيۡهِ سَبِيلٗاۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ ٱلۡعَٰلَمِينَ .

inna awwala baitiw wudhi'a lin-naasi lallazii bibakkata mubaarokaw wa hudal lil-'aalamiin fiihi aayaatum bayyinaatum maqoomu ibroohiim, wa mang dakholahuu kaana aaminaa, wa lillaahi 'alan-naasi hijjul-baiti manistathoo'a ilaihi sabiilaa, wa mang kafaro fa innalloha ghoniyyun 'anil-'aalamiin

Artinya : "Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam." (QS. Ali- Imran : 96)

"Di sana terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barang siapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barang siapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam." (QS. Ali 'Imran 3: Ayat 97)

Baca Juga: Bacaan Niat Mandi Sholat Idul Adha, Beserta Doa Setelah Sholat Idul Adha

Dari keterangan inilah Allah menjelasakan perintah haji bagi umat-Nya yang mampu mengadakan perjalanan ke tanah suci Mekah.

Keutamaan melaksanakan ibadah haji sangatlah banyak bagi umat muslim yang menunaikannya, yakni :

1. Menghapus Dosa
Keutamaan menunaikan ibadah haji adalah Allah akan menghapuskan dosa bagi umat muslim yang menunaikan haji.

2. Mendapatkan Surga Allah
Allah menjelaskan bahwa umat-Nya yang menunaikan haji dan ibadahnya mabrur maka balasan yang diraihnya adalah Surga.

3. Memberikan Syafaat
Menunaikan ibadah haji dapat memberikan syafaat bagi keluarganya dan syafaat kebaikan sampai 400 anggota keluarga.

Baca Juga: 5 Cara Untuk Membersihkan Paru-Paru Dari Racun Akibat Merokok, Nomor 4 Terbukti Ampuh!

4. Diijabahnya doa yang dipanjatkan
Siapa saja umat muslim yang memanjatkan doa saat berada di baitullah maka Allah akan mengijabahnya juga mengabulkan keinginan yang kita ungkapkan.

5. Sehat lahir dan Batin
Bagi umat-Nya yang berhaji, maka Allah jamin kesehatan lahir dan batinnya. Bahkan jika mengalami sakit maka Allah akan beri kesembuhan.

Jadi makna dan keutamaan berhaji sangatlah melimpah, semoga kita diberikan rezeki oleh Allah untuk melaksanakan rukun islam ke-5 ini dan Allah catat sebagai amal ibadah kita saat kembali kehadapan-Nya. ***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah