Khutbah Jumat dengan Tema Amalan Pembuka Rezeki Lancar

- 29 Juli 2022, 08:57 WIB
Teks Khutbah Jumat 29 Juli 2022
Teks Khutbah Jumat 29 Juli 2022 /pexels.com/SHAHBAZ AKRAM



BERITA KBB- Amalan pembuka rezeki lancar yang telah Allah jelaskan dalam firman-Nya, harus kita lakukan dengan penuh keyakinan.

Allah menciptakan semua makhluk tentu dengan rezekinya, terutama manusia yang diberi akal untuk mencari rezeki tersebut.

Dari Abdullah bin 'Amr bin Al-'Ash ra, bahwa Nabi Muhammad Saw telah bersabda "Allah telah mencatat takdir setiap makhluk sebelum 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi.” (HR. Muslim, no. 2653)

Baca Juga: Khutbah Jumat 29 Juli 2022, Materi: Menjadi Pribadi Baru di Awal Tahun Hijriyah

Di hari Jumat yang penuh berkah ini, Allah Swt telah memerintahkan hamba-Nya agar segera mencari rezeki setelah menunaikah sholat. Sebab di hari inilah, Allah memuliakan hari Jumat dengan segala rezekinya.

Amalan pembuka rezeki agar lancar yang diperintahkan Allah Swt di antaranya :

1. Memperbanyak istigfar atau memohon ampun kepada Allah dari segala dosa yang telah dilakukan.

Allah berfirman dalam QS. Nuh ayat 10-12 yang berbunyi :

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12)

Artinya “Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Rabbmu (beristighfarlah), sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”

Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar 29 Juli 2022: Laga RANS Nusantara FC vs PSS Sleman dan PSM Makassar vs Bali United


2. Mempererat dan memperbaiki hubungan silaturahmi dengan orangtua dan saudara

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُمَدَّ لَهُ فِي عُمْرِهِ وَأَنْ يُزَادَ لَهُ فِي رِزْقِهِ فَلْيَبَرَّ وَالِدَيْهِ وَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Artinya : “Siapa yang suka untuk dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezekinya, maka berbaktilah kepada kedua orang tuanya dan jalinlah hubungan dengan kerabatnya (silaturahim).”

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini, Jumat, 29 Juli 2022, Jaga Keseimbangan Kalau Tidak Ingin Alami Kesulitan!


3. Memperbanyak sedekah
Dengan bersedekah, rezeki yang kita miliki tidak akan berkurang justru Allah akan meningkatkan dan memperbanyak rezeki yang kita dapatkan.

Allah Ta’ala berfirman,

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

Itulah beberapa amalan untuk pembuka rezeki yang kita harus lakukan dengan penuh keyakinan dan keikhlasan. Perbaiki ibadah dan terus berusaha untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt.***

 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x