Ini Dia Hikmah Puasa Ramadhan, Menggapai Ketakwaan Yang Lebih Baik.

- 10 Maret 2024, 08:20 WIB
Hikmah Puasa Ramadhan, Menggapai Ketakwaan Yang Lebih Baik.
Hikmah Puasa Ramadhan, Menggapai Ketakwaan Yang Lebih Baik. /Pexels @thirdman

BERITA KBB - Banyak hikmah dalam bulan Ramadhan diantaranya seperti menggapai derajat taqwa hal ini dikarenakan dalam puasa, seseorang akan melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi laranganNya.

Larangan pada bulam Ramadhan seperti makan, minum, berjima dengan suami/istri, sementara akan ditanggalkan walaupun cenderung hati masih ingin melakukannya, hal ini adalah bentuk taqwa untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Setiap ingin melakukan kemaksiatan pada bulan Ramadhan akan mencoba menahan diri karena Allah selalu mengawasi setiap langkah kita, dan itupun adalah salah satu bentuk taqwa.

Baca Juga: Perkuat Peran Perempuan untuk Ketahanan Keluarga, Generali Indonesia Gelar Edukasi Finansial

Hikmah meninggalkan syahwat dan kesenangan dunia ketika dipaksa mengendalikan jiwa dari rasa lapar dan haus menjadikan sebuah nikmat yang dirasakan pada bulan Ramadhan ini.

Ketika memikirkan hal-hal baik dan disibukkan hanya dengan menginat Allah, maka hatipun akan bercahaya semakin lembut tidak mengeras dan semakin mudah untuk tafakur ( merenung) serta berdzikir kepada Alah.

Dengan menahan diri dari berbagai kesenangan duniawi, orang yang selama ini diberikan kecukupan harta akan menyadari bahwa begitu banyak nikmat yang telah diberikan Allah SW dibandingkan otang yang masih kekurangan.

Pada bulan Ramadhan menjadi penyebab orang berkasih sayang terhadap sesamanya, karena saat berpuasa merasakan lapar dan haus yang akhirnya membuat sikap menjadi lebih lebut.

Orang yang berpuasa akan merasan hal-hal yang dirasan orang yang banyak dengan kekurangan, merasakan haus dan lapar sebagaimana dirasakan oleh orang yang kurang beruntung.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x