Bacaan Doa Qunut witir, lengkap dengan arab, latin, dan artinya yang biasa Dilaksanakan Setelah Sholat Tarawih

- 25 Maret 2024, 19:54 WIB
Ilustrasi Berdoa 'Doa Qunut Witir di Bulan Ramadhan'.
Ilustrasi Berdoa 'Doa Qunut Witir di Bulan Ramadhan'. /Pixabay/chiplanay/

BERITA KBB – Bacaan doa qunut witir, lengkap dengan arab, latin, dan artinya yang biasa dilaksanakan setelah sholat tarawih di bulan Ramadhan sebagai penutup sholat.

Qunut berasal dari bahasa arab yakni 'qonata' yang artinya tunduk dan patuh, bisa juga diartikan sebagai kekusyukan dan ketaatan.

Bacaan doa qunut bisa dipakai pada rakaat terakhir sholat witir. Sholat witir dikerjakan dengan jumlah ganjil, bisa 1 rakaat atau lebih.

Baca Juga: Jadwal ANTV Selasa 26 Maret 2024 Saksikan Pesbukers Ramadan, Mega Bollywood-Billu Barber

Ustad Drs. Ahmad Seadie dalam bukunya yang berjudul 'Penuntun Doa Lengkap' menyebutkan, hukum melaksanakan sholat witir adalah sunnah mu'akkad dan dianjurkan untuk dikerjakan setiap malam sebelum tidur atau setelah salat tahajud.

Sholat witir bisa dikerjaan sendiri setelah salat tarawih. Waktu pelaksanaannya setelah salat isya hingga sebelum masuk waktu subuh.

Pelaksanaan sholat witir boleh dikerjakan di awal malam atau setelah salat Isya, namun dianjurkan dikerjakan di akhir malam.

Baca Juga: Ekonomi Direlaksasi, Sanksi Penindakan di Kota Bandung Dipertegas

Di dalam madzhab Syafi’iyyah, khusus pada sholat witir di malam ke-16 sampai malam terakhir di bulan Ramadhan, disunnahkan membaca doa qunut yang tempatnya di rakaat terakhir sebelum sujud.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x