Ini Dia 5 Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Bau Prengus

- 21 Juni 2022, 11:41 WIB
Daging kambing
Daging kambing /u_rt5bpvly
 
BERITA KBB - Daging kambing tentunya menjadi salah satu makana favorit yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.
 
Tak jarang juga orang memasak daging kambing ini untuk makanan sehari - harinya. Namun bagi beberapa orang, ada yang memanfaatkan moment Hari Raya Idul Adha untuk memakan daging kambing bersama - sama. Mau itu dengan keluarga, teman dan yang lainnya bersama - sama.
 
Tak jarang orang yang tak suka mengolah daging kambing ini karena baunya yang menempel, maka sebagian orang pasti langsung menerima makanan jadinya tanpa susah payang mengolah nya.
 
 
Tapi jangan khawatir, disini kamu akan menyajikan beberapa cara agar daging kambing ini tidak bau prengus saat akan kita olah.
 
Dilansir diberbagai sumber, Berikut 5 cara agar daging kambing tidak bau prengus, diantaranya :
 
1. Jangan Cuci Daging Kambing Dengan Air
 
Mencuci daging kambing dengan air hanya akan membuat bakteri penyebab bau makin menyebar. Hindari mencuci daging kambing jika akan memasaknya. 
 
Untuk membuang kotoran yang melekat pada daging, rebus dahulu daging hingga mendidih sebentar, kemudian buang airnya. Dengan begitu kotoran yang melekat juga akan terbuang bersama air rebusan.
 
2. Taburi Garam
Kalau daging kambing yang Anda dapatkan sudah terlanjur dicuci, Anda bisa menambahkan taburan garam untuk menetralisir darah yang menyebabkan aroma tak sedap.
 
Balurkan garam ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 1 jam. Cuci kembali daging kambing sebelum diolah.
 
 
3. Pakai Jeruk Nipis
 
Perasan jeruk nipis bisa menghilangkan aroma prengus dari daging kambing. Tidak hanya daging kambing sebenarnya, karena untuk ayam dan ikan pun bahan ini sudah sejak dahulu dimanfaatkan untuk mengurangi aroma tajamnya.
 
Jeruk nipis mengandung bahan anti bakteri. Menggunakannya bisa membuat kandungan bakteri di daging menjadi berkurang, sehingga aroma tak sedap jadi hilang.
 
4. Gunakan Rempah - Rempah
 
Untuk menghilangkan bau daging yang kurang sedap, gunakan rempah-rempah tradisional. Boleh mencuci daging terlebih dahulu sebelum membalurinya dengan rempah-rempah yang digunakan untuk membumbui daging.
 
Rempah-rempat tersebut adalah jahe, kunyit, kapulaga, kayu manis, cengkeh serta bawang putih yang dihaluskan. Sejumlah rempah itu merupakan bumbu yang sering digunakan untuk masakan gulai. 
 
Diamkan beberapa saat sebelum merebus daging dan menambahkan bumbu lain.
 
5. Baluri Parutan Buah Nanas
 
Getah nanas yang tajam juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot. 
 
Selain itu juga bisa membantu mengatasi aroma amis daging. Lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru olah seperti biasa.
 
Itulah beberapa cara agar daging kambing tidak bau, yang telah Berita KBB rangkum. Semoga bermanfaat dan selamat memasak.***
 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x