Peneliti Temukan Manfaat Tersembunyi Minum Kopi: Bisa Turunkan Tekanan Darah, Benarkah? INI Penjelasan Ahlinya

- 15 Februari 2023, 19:52 WIB
Simak penjelasan ahli soal pernyataan bahwa mengkonsumsi kopi hitam itu baik dan dapat mengurangi lemak tubuh.
Simak penjelasan ahli soal pernyataan bahwa mengkonsumsi kopi hitam itu baik dan dapat mengurangi lemak tubuh. /Pexels/Samer Daboul/

 

Berita KBB - Sebagai salah satu minuman favorit sejuta umat, kopi rupanya tidak hanya sekedar meningkatkan fokus dan mencegah lho. Ada manfaat kopi lain yang baru ditemukan oleh penelitian, salah satunya mengurangi tekanan darah tinggi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients belum lama ini, minum 3 atau lebih cangkir kopi tiap hari dapat menurunkan tekanan darah.

Penelitian yang dilakukan oleh tim riset Rumah Sakit Universitas Sant’Orsola-Malpighi di Italia ini menemukan bahwa peminum kopi memiliki tekanan darah peripheral dan sentral aortik yang jauh lebih rendah ketimbang mereka yang tidak minum kopi. 

Baca Juga: Richard Eliezer Divonis 1 Tahun 6 Bulan Penjara, Keadilan Masih Berpihak Bagi Rakyat Kecil

Arrigo F.G. Cicero, penanggung jawab penelitian tersebut menjelaskan, tekanan darah peripheral dan sentral ini berkaitan dengan penuaan atau pengakuan pembuluh arteri. Menurutnya, mereka yang minum kopi kurang dari 3 gelas per hari pun juga dapat merasakan manfaatnya.

“Trennya tampak positif dari 2 cangkir kopi per hari,” ujar Cicero, seperti dikutip dari Health.com, Rabu 15 Februari 2023.

Meskipun kopi bermanfaat bagi menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan penurunan kognitif, efek dari kopi terhadap tekanan darah masih menjadi misteri, terutama karena dampak yang diketahui dari kafein terhadap tekanan darah.

Baca Juga: Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka, Lengkap Beserta Kunci Jawaban

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x