Solusi Ngopi di Bulan Puasa! Berikut Resep Membuat Cappucino Cincau Untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan 2023

- 27 Maret 2023, 12:15 WIB
Solusi Ngopi di Bulan Puasa! Berikut Resep Membuat Cappucino Cincau Untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan 2023
Solusi Ngopi di Bulan Puasa! Berikut Resep Membuat Cappucino Cincau Untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan 2023 /fomoplaces/ Instagram
 

Berita KBB - Minum kopi di bulan Ramadhan 2023 yang penuh berkah ini, memang lebih tricky bila dibandingkan di bulan-bulan biasa lainnya. Betapa tidak, minum kopi dapat berpengaruh pada kelancaran ibadah puasa, baik saat berpuasa maupun setelahnya.

Minum kopi saat sahur dapat membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat. Hal ini karena kopi hitam yang mengandung kafein adalah minuman yang bersifat diuretik atau membuat frekuensi buang air kecil lebih sering, sehingga kita mudah sekali dehidrasi saat berpuasa.

Sementara itu, jika kita minum kopi setelah berbuka puasa, memang tubuh akan lebih bugar untuk bisa menunaikan ibadah shalat Tarawih misalnya. Tapi jika takaran kopinya terlalu banyak, dapat menimbulkan kesulitan tidur yang mempengaruhi jam bangun untuk sahur.

Baca Juga: Resep Cara Membuat Es Buah Segar dan Mantap Untuk Jualan Takjil Buka Puasa Ramadhan 2023

Jalan tengah yang bisa ditempuh untuk mengatasi masalah ini adalah minum kopi yang ringan, seperti kopi susu sachet atau es kopi. Nah, sajian es kopi yang cocok untuk dikonsumsi sebagai takjil buka puasa Ramadhan 2023 adalah cappucino cincau.


Cappucino cincau yang merupakan olahan kopi cappucino serbuk ini menjadi pilihan pas untuk Anda yang ingin ngopi sambil berbuka, tanpa khawatir susah tidur pada malamnya. Rasanya yang segar pun dapat memuaskan dahaga selama berpuasa pada siang harinya.


Cappucino cincau biasanya dibuat dan dijual oleh kios jus buah-buahan dengan kisaran harga Rp 5.000 - Rp 6.000 per cup tergantung daerah masing-masing. Anda juga bisa buat sendiri minuman ini di rumah agar kuantitasnya bisa lebih sesuai dengan selera.


Berikut resep cara membuat cappucino cincau untuk menu takjil buka puasa Ramadhan 2023.


Bahan:

20 gram atau 1 sachet kopi instan cappucino bubuk, 10 gram susu coklat bubuk, 20 gram atau 1 sdm gula pasir, 30 ml air dingin matang, 150 gram es batu, 1 sdt susu kental manis coklat, cincau hitam siap saji yang diparut dengan parutan keju sesuai selera.

Baca Juga: Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi selama Puasa untuk Menghindari Kekurangan Gizi

Langkah cara membuat:

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x