Hindari Korban Jiwa dari Meletusnya Gunung Semeru, Tim SAR Gabungan Siaga 24 Jam

- 1 Desember 2020, 22:31 WIB
Jadi Tontonan Warga, Penampakan Lahar Panas Setinggi 30 Meter Erupsi Gunung Semeru
Jadi Tontonan Warga, Penampakan Lahar Panas Setinggi 30 Meter Erupsi Gunung Semeru /ANTARA/Umarul Faruq

 

BERITA KBB- Tim SAR gabungan bersiaga di wilayah terdampak letusan Gunung Semeru, tepatnya di dua kecamatan yang berada di lereng gunung itu di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa 1 Desember 2020.

Kegiatan siaga itu dilakukan oleh unsur gabungan, seperti dari BPBD kabupaten Lumajang, Kodim 0821 Lumajang, Kantor SAR Surabaya, Polres Lumajang, Dinas Sosial, PMI, SAR Langit, Biting Rescue, Semut Gunung Indonesia dan sejumlah relawan lainnya.

"Kantor SAR Surabaya telah mengirimkan sebanyak dua tim operasi ke lokasi terdampak, satu tim dari Kantor SAR Surabaya dan satu tim lagi dari Pos SAR Jember," kata Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya I Wayan Suyatna.

Baca Juga: Meletusnya Gunung Semeru Dikaitkan Dengan Fenomena Awan Cincin di Kediri, Apakah Satu Rangkaian?

Baca Juga: Sinopsis Jodha Akbar Rabu 2 Desember 2020, Jodha Sangat Gembira, Kabar Gembira Apa yang Dia Dapat?

Selama bertugas, lanjut dia, tim operasi Kantor SAR Surabaya bersinergi dengan sejumlah pihak untuk melakukan siaga selama 24 jam dan bersiap jika sewaktu-waktu diperlukan upaya evakuasi terhadap warga.

Berdasarkan hasil pantauan Badan Geologi PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur menyebutkan aktivitas vulkanik Gunung Semeru mulai menurun dan statusnya pada level II (Waspada).

"Meskipun aktivitas vulkanik Gunung Semeru menurun, tim SAR gabungan mengimbau warga Dusun Curah Kobo'an di Desa Supiturang, Dusun Rowobaung di Desa Oro-oro Ombo, dan Dusun Kajar Kuning di Desa Sumberwuluh untuk tetap waspada," katanya.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah