Daftar Urutan Presiden dan Wapres Indonesia Tertua dan Termuda Sepanjang Sejarah, Gibran Lampaui Bung Hatta

- 24 April 2024, 14:50 WIB
Prabowo-Gibran hadiri penetapan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih di kantor KPU RI
Prabowo-Gibran hadiri penetapan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih di kantor KPU RI /Instagram.com/@prabowo

Berita KBB - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam pembacaan keputusan oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, Prabowo-Gibran dinyatakan sah sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029, dengan perolehan suara 96.214.691 suara atau 58,59 persen suara masuk.

Keputusan ini berdasarkan hasil rapat pleno yang digelar di gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu 24 April 2024. Prabowo-Gibran hadir langsung dalam agenda terbuka ini.

"KPU menetapkan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 2 H. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029 dalam Pemilihan Umum 2024," tegas KPU RI Hasyim Asy'ari, dikutip Berita KBB dari kanal YouTube KPU.

Terpilihnya Prabowo menjadikannya presiden tertua dalam sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di sisi lain, Gibran Rakabuming Raka menjadi wakil presiden termuda sepanjang 78 tahun Indonesia merdeka.

Baca Juga: BREAKING NEWS! KPU Menetapkan Capres Cawapres Terpilih Pemilu 2024 Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming

Bila mengikuti tradisi tanggal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pasca Orde Baru pada 20 Oktober, maka Prabowo akan berusia 73 tahun 3 hari saat hari pelantikannya, dan Gibran berumur 37 tahun 19 hari.

Prabowo akan melampaui “rekor” mendiang B.J. Habibie yang menjabat Presiden RI pada usia 62 tahun 10 bulan 26 hari, pada pelantikannya 21 Mei 1998 silam. Sementara Gibran melampaui Wapres pertama Mohammad Hatta yang menjabat pada usia 43 tahun 6 hari pada 18 Agustus 1945.

Berikut ini urutan presiden Indonesia dengan umur tertua hingga termuda pada saat hari pelantikan masing-masing, dihimpun dari berbagai sumber.

Halaman:

Editor: Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Sumber: KPU Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah