Terbaru Semeru, Ini 4 Gunung Berapi yang Meletus Dalam Waktu Berdekatan di Pengujung 2020

- 2 Desember 2020, 12:06 WIB
Gunung Semeru meletus mengeluarkan material vulkanik terpantau dari Tumpang, Malang, Jawa Timur, Selasa (1/12/2020). Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menghimbau warga yang berada di radius 10 kilometer untuk waspada dan tetap berada di pengungsian dikarenakan aktivitas Semeru masih fluktuatif.
Gunung Semeru meletus mengeluarkan material vulkanik terpantau dari Tumpang, Malang, Jawa Timur, Selasa (1/12/2020). Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menghimbau warga yang berada di radius 10 kilometer untuk waspada dan tetap berada di pengungsian dikarenakan aktivitas Semeru masih fluktuatif. /ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/rwa./ANTARA FOTO

BERITA KBB – Empat gunung berapi di Indonesia meletus dalam waktu berdekatan antara akhir Oktober hingga awal Desember 2020 ini. Terakhir, Gunung Semeru di Jawa Timur meletus pada Selasa, 1 Desember 2020.

Meletusnya Gunung Semeru tersebut hanya berselang dua hari setelah Gunung Ile Lewotolok di Nusa Tenggara Timur meletus pada 29 November 2020.

Beberapa minggu sebelumnya, masih di bulan November, Gunung Merapi di Jawa Tengah beberapa kali menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik dan mengeluarkan letusan.

Baca Juga: Tolak Papua Barat Merdeka, Netizen Indonesia Suarakan Tagar Papua Indonesia di Twitter

Baca Juga: INI PROFIL Benny Wenda, Tokoh Separatis yang Diangkat Jadi Presiden Republik Papua Barat

Sementara akhir Oktober 2020, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara meletus pada pagi hari, meluncurkan awan panas hingga 2.000 meter ke udara.

Terkait dengan masih aktifnya aktivitas kegempaan di keempat gunung berapi tersebut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada Rabu, 2 Desember 2020 memberikan rekomendasi sebagai berikut.

1. Gunung Ile Lewotolok

Masyarakat di sekitar G. Ili Lewotolok maupun pengunjung/pendaki/wisatawan direkomendasikan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 4 km dari kawah puncak.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari

Sumber: PVMBG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah