Alhamdulillah, Vaksin Covid-19 Sudah Dipastikan Aman, Presiden Jokowi Rabu 13 Januari di Vaksin

- 5 Januari 2021, 19:05 WIB
Kepala BPOM Penny K Lukito. Penegasan BPOM atas penggunaan vaksin SinoVac, BPOM mengharapkan masyarakat untuk melaporkan jika merasakan efek samping serius.
Kepala BPOM Penny K Lukito. Penegasan BPOM atas penggunaan vaksin SinoVac, BPOM mengharapkan masyarakat untuk melaporkan jika merasakan efek samping serius. /TwItter.com/@penny_lukito/Twitter.com/@penny_lukito

BERITA KBB- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan vaksin Covid-19 (CoronaVac) produksi Sinovac, terdiri dari bahan-bahan yang aman bagi manusia.

"Berdasarkan hasil evaluasi mutu yang telah dilakukan, BPOM dapat memastikan bahwa vaksin ini tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya," ungkap Kepala BPOM Penny K Lukito di Jakarta, Selasa 5 Januari 2021.

Menurut Penny, dalam menjamin vaksin Covid-19, BPOM sudah melakukan evaluasi terhadap data mutu vaksin. Evaluasi pun mencakup pengawasan mulai dari bahan baku, proses pembuatan sampai produk menjadi vaksin sesuai dengan standar penilaian mutu vaksin yang berlaku secara internasional.

Baca Juga: Jangan Lengah, Jokowi Minta Masyarakat Tetap Waspada Covid-19 Meski Pekan Depan Vaksinasi Dimulai

Baca Juga: Sering Tertutup Soal Kehidupannya, Reza Rahadian Ungkap Perasaannya Memasuki Usia 30 Tahun

Penny menambahkan, BPOM bersama tim telah melakukan inspeksi langsung ke sarana produksi vaksin CoronaVac di Tiongkok.

BPOM akan terus mengawal keamanan vaksin tersebut meski nanti sudah mendapat izin penggunaan darurat atau EUA.

Dalam proses tersebut, lanjut Penny, BPOM berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan serta Komite Nasional dan Komite Daerah Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas dan Komda PP KIPI) untuk melakukan pemantauan.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah