Ultah ke-60 Hari Ini, Berikut Profil Presiden Jokowi Mulai dari Pendidikan hingga Karir Politiknya

- 21 Juni 2021, 13:32 WIB
Profil Presiden Jokowi yang genap berusia 60 tahun hari ini mulai dari pendidikan hingga karir politiknya. Ternyata pernah jadi kuli panggul saat SD
Profil Presiden Jokowi yang genap berusia 60 tahun hari ini mulai dari pendidikan hingga karir politiknya. Ternyata pernah jadi kuli panggul saat SD /Tangkap layar Instagram/@jokowi


BERITA KBB - Presiden Joko Widodo atau akrab disapa masyarakat Indonesia dengan sebutan Jokowi genap berusia 60 tahun hari ini, Senin 21 Juni 2021.

Berikut ini adalah profil Presiden Jokowi yang dilansir Berita KBB dari berbagai sumber.

Jokowi merupakan presiden ketujuh Indonesia yang lahir pada tanggal 21 Juni 1961 di Surakarta, Jawa Tengah dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi.

Baca Juga: Alur Pendaftaran PPDB Jakarta 2021 untuk Siswa Jenjang SD, SMP dan SMA

Ia adalah memiliki tiga saudara perempuan bernama Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati. Jokowi menempuh pendidikan Sekolah Dasar di SD 3 Tirtoyoso, SMP Negeri 1 Surakarta kemudian melanjutkan sekolahnya di SMA Negeri 6 Surakarta. 

Dikenal sebagai orang nomor satu di Indonesia, siapa sangka Jokowi dibesarkan dari keluarga sederhana. Ia bahkan pernah menjadi kuli panggul, ojek payung, hingga pedagang.

Setelah lulus dari SMA, Jokowi memilih kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan mengambil jurusan kehutanan. Pada tahun 1985, ia lulus kuliah di usia 24 tahun. Tidak lama setelah menyandang gelar insinyur, Jokowi menikahi Iriana pada usia 25 tahun.

Baca Juga: Ikatan Cinta 21 Juni 2021: Andin Beri Hukuman ke Elsa, Elsa Panik Akhirnya Nino Tahu Siapa Reyna Sebenarnya

Setelah lulus dari UGM Yogyakarta pula, Jokowi bekerja di salah satu perusahaan BUMN. Namun, dia memilih keluar dan menjadi pengusaha mebel.

Usaha mebelnya diberi nama CV Rakabu yang diambil dari nama anak pertamanya, Gibran Rakabuming Raka. Usaha tersebut mengalami pasang surut bahkan hampir bangkrut.

Halaman:

Editor: Asep Budiman

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah