Pedagang Pasar Seni Kumbasari Bali Peroleh Bantuan Kredit Mesra dari Pemprov Jabar

- 18 Januari 2022, 19:17 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil /

BERITA KBB - Sejumlah pedagang Pasar Seni Kumbasari Kota Denpasar, Bali mendapatkan Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) dari bank bjb, yang merupakan program unggulan Pemda Provinsi Jawa Barat.

Kredit Mesra merupakan program kredit tanpa bunga dan agunan yang digulirkan untuk dapat menggerakkan ekonomi umat, menyejahterakan pelaku UMKM di sekitar rumah ibadah. Program ini turut mempercapat pemulihan ekonomi nasional.

Penyaluran Kredit Mesra di Kota Denpasar ini sangat diapresiasi oleh para pedagang di pasar tersebut yang dinilai sangat relevan dan dibutuhkan oleh pelaku UMKM untuk mereka bangkit dari krisis akibat pandemi COVID-19.

Baca Juga: Perluas Layanan, Ridwan Kamil Resmikan Kredit Mesra di Bali

Ni Nyoman Budiani (57), pedagang alat-alat upacara di Pasar Kumbasari mengungkapkan, bantuan Kredit Mesra bank bjb sebesar Rp5 juta yang diterimanya sangat membantu untuk mengembangkan usahanya.

"Persyaratannya sangat mudah cukup dengan KTP,  kita sudah mendapatkan pinjaman," ucap Budiani, dalam acara bjb MESRAkan Bali di Pasar Badung Kota Denpasar, Bali, Selasa (18/01/2022).

Menurut Budiani, untuk proses angsuran pinjaman Kredit Mesra ini, para pedagang mengumpulkan uang angsurannya kepada ketua kelompok yang ditunjuk setiap minggunya.

Baca Juga: Jual Minyak Rp 14.000 Perliter, Operasi Pasar Murah Minyak Goreng Pemprov Jabar di Karawang Diserbu Warga

"Kita dibentuk kelompok, dan tiap kelompok itu kita angsur setiap minggu. Ada petugas yang datang memungut,' katanya.

Budiani mengaku, selama pandemi COVID-19 pendapatannya menurun, dari biasanya saat kondisi normal Rp2 juta - Rp3 juta, sekarang hanya sekitar Rp1 juta.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah