Operasi Patuh Lodaya 2022, Berikut ini 4 Dampak Buruk Jika Berkendara Belum Cukup Umur

- 15 Juni 2022, 11:19 WIB
Kepala Kepolisian Resort Kota Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo saat memberikan keterangan pers terkait pelaksanaan Operasi Libas Lodaya 2022 di Mapolresta Bandung, Soreang Kabupaten Bandung.
Kepala Kepolisian Resort Kota Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo saat memberikan keterangan pers terkait pelaksanaan Operasi Libas Lodaya 2022 di Mapolresta Bandung, Soreang Kabupaten Bandung. /Humas Polresta Bandung/
 

BERITA KBB- Bagi orangtua pengawasan terhadap anak wajib selalu dilakukan. Terutama saat anak merengek ingin menggunakan kendaraan yang nyatanya belum memiliki SIM karena usianya masih dibawah umur.

Perlu ada nasihat yang tegas dari orangtua kepada anak terkait keinginan mereka yang tak seharusnya dilakukan apalagi masih usia sekolah.

Sebab emosi mereka belum dapat terkontrol dan sering menganggap bahwa dirinya muda sehingga berkendara seenaknya di jalan raya.
 
Baca Juga: Profil dan Biodata Kenny Austin, Pemain FTV Siang Ini Oppa KW Berdamage Maximum

Lantas, bagaimana dampaknya jika orangtua justru mengizinkan sang anak menggunakan kendaraan hanya karena mengikuti gaya atau trend orang lain?

Berikut 4 dampak buruk yang akan ditimbulkan bagi anak yang belum cukup umur tetapi ingin mengendarai kendaraan

1. Sulitnya Pengawasan
Jika anak sudah diberikan izin mengendarai motor atau mobil oleh orangtuanya padahal usia mereka masih belum memenuhi syarat pembuatan SIM, maka yang terjadi adalah kesulitan untuk melakukan pengawasan, sebab saat mereka berkendara pasti akan memilih jarak yang jauh sehingga tidak terlihat oleh orangtua. 

2. Konvoi Liar
Emosi mereka yang masih belum stabil sering mengakibatkan beberapa tindakan yang menyangkut keselamatan diri bahkan orang lain ketika di jalan, salah satunya konvoi liar.
 
Baca Juga: Operasi Patuh Lodaya 2022, Berikut Dampak Buruk Jika Berkendara Belum Cukup Umur

3. Balap Liar
Dampak buruk lainnya yang akan terjadi adalah balapan liar. Mereka yang merasa sudah mampu mengendarai kendaraan tentu ingin menguji kehebatan dirinya di jalanan, salah satunya mengadakan balapan liar sebagai pembuktian kepada orang-orang sekitar.

4. Potensi Kecelakaan Lalu Lintas
Dan inilah yang paling ditakutkan jika anak diberi izin mengendarai kendaraan ketika belum memasuki usianya yakni kecelakan lalu lintas yang sangat mengancam nyawa, karena tidak mampu mengendalikan kendaraan dengan semestinya.

Demikian informasi tentang dampak buruk yang ditimbulkan saat berkendara bagi anak yang belum cukup umur.

Ketegasan orangtua dalam hal ini sangat diperlukan, demi keselamatan mereka.*** 
 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x