Pemprov DKI Bakal Terus Membangun Rumah DP O Persen Meski Anies Baswedan Tidak Menjabat

- 8 September 2022, 22:53 WIB
Ilustrasi perumahan bersubsidi. Pemprov DKI Bakal Terus Membangun Rumah DP O Persen Meski Anies Baswedan Tidak Menjabat
Ilustrasi perumahan bersubsidi. Pemprov DKI Bakal Terus Membangun Rumah DP O Persen Meski Anies Baswedan Tidak Menjabat /Kementerian PUPR/

BERITA KBB - Program rumah DP 0 Rupiah di DKI Jakarta bakal tetap berlanjut meski Anies Baswedan tidak lagi menjabat sebagai Gubernur. Sebagaimana, ia akan menyelesaikannya masa jabatannya pada Oktober nanti.

"Iya tetap berlanjut, dan ini justru pakai peraturan. Saya bekerja dengan institusi, bukan dengan personality," ungkap Anies di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, 8 September 2022.

Anies menambahkan, sebagai Gubernur program yang dicanangkannya dilakukan berdasarkan peraturan institusi.

Baca Juga: KOMPAK! PKS Kota Cimahi Ikut Tolak Harga BBM Naik, Lebih Pilih Pembangunan IKN Ditunda

Seperti rumah DP 0 Rupiah yang tercantum dalam Peraturan Gubernur Nomor 14 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Anies juga menyebutkan, peraturan itu bisa dilakukan oleh semua dan siapapun yang akan bertugas menjadi pejabat Gubernur DKI Jakarta.

"Peraturan ini nantinya bisa dinilai oleh semuanya dan dilaksanakan, sehingga siapapun yang bertugas dia akan menjalankan dengan ketentuan yang ada," ungkap Anies.

Baca Juga: Dilantik jadi MenPAN RB, Azwar Anas Langsung Dicurhati Hengky Kurniawan Soal Pegawai Honorer

"Itu lah yang selalu saya pegang. Prinsip good governance, prinsip manajemen yang benar," imbuhnya menambahkan.

Saat ini, Pemprov DKI sendiri masih memproses pembangunan 700 unit rumah DP 0 persen yang dapat rampung 2024 mendatang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko menyebutkan, memang bakal ada revisi atas target pembangunan rumah DP 0 Rupiah dari ‪232.214‬ unit menjadi 10 ribu unit dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ‪2017-2022‬.

Dan proses revisi ini masih dalam proses karena bakal masuk dalam RPJMD yang belum final.

"Kita usulan di dalam RPJMD untuk penyediaan DP 0 Rupiah kurang lebih 10 ribu sekian," kata Sarjoko.

Alasan adanya revisi tersebut, kata Sarjoko, karena sejumlah faktor seperti pandemi Covid-19 yang membuat realisasi pembangunan rumah itu terkendala.

Namun, ia menegaskan, bahwa program rumah DP 0 Rupiah bakal terus bergulir dan saat ini Pemprov DKI sudah menyediakan 2.322 unit rumah.

Dengan rincian, 780 unit di Menara Samawa Pondok Kelapa, 38 unit di Bandar Kemayoran, 166 unit di Sentraland Cengkareng, 480 unit di Menara Nuansa Pondok Kelapa, dan 868 unit di Menara Kanaya Cilangkap.

 
 
 

 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x