Ini Penyebab Elektabilitas Golkar Tergerus

- 2 November 2022, 15:32 WIB
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto / Dok. Golkar
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto / Dok. Golkar /

 

BERITA KBB – Elektabilitas Partai Golkar diperkirakan akan menurun bahkan perolehan suara partai berlambang pohon beringin itu akan memperoleh suara yang lebih kecil ketimbang pemilu 2019 lalu.

Sebagaimana dalam survei yang dilakukan SMRC beberapa waktu lalu. Golkar yang saat ini dipimpin oleh Airlangga Hartanto bakal memperoleh suara 8,5 persen padahal pada pemilu lalu memperoleh  12,3 persen.

Hal ini berbanding terbalik dengan PDIP yang meningkat dari 19,3 persen menjadi 24 persen. Begitu juga dengan Gerindra naik dari 12,6 persen menjadi 13,4 persen.

Melihat fenomena survei ini, peneliti dari Pusat Riset Politik - Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP-BRIN) Aisah Putri Budiatri menyebutkan, ada beberapa hal yang menjadi turunnya popularitas Golkar.

Baca Juga: Ada UEFA Youth League dan Balap Motor FIM Junior GP, Ini Jadwal Acara Moji Hari Ini, 2 November 2022

Seperti belum diumumkannya siapakah calon Presiden yang bakal diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk oleh Golkar bersama PAN dan PPP.

Sebab isu koalisi itu tidak lagi berkembang padahal saat ini, isu atas kandidat preisden menjadi perhatian publik.

“Padahal Golkar sudah mendorong sosok Airlangga sebagai kandidat namun dorongan untuk tampil dihadapan publik tidak terlalu kuat. Di luar itu, koalisi, termasuk Golkar, masih berhati-hati menentukan calon," tandasnya.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x