Set Top Box Gratis Dicari Masyarakat, Berikut Informasi Kriteria Untuk Mendapatkan Bantuan STB Siaran TV Digit

- 3 November 2022, 19:56 WIB
Set Top Box Gratis Dicari Masyarakat, Berikut Informasi Kriteria Untuk Mendapatkan Bantuan STB Siaran TV Digital
Set Top Box Gratis Dicari Masyarakat, Berikut Informasi Kriteria Untuk Mendapatkan Bantuan STB Siaran TV Digital /pexels/koolshooter/

BERITA KBB - Set Top Box gratis atau bantuan penerima STB siaran TV Digital hingga kini banyak dicari masyarakat mengenai informasinya.

Simak informasi mengenai Set Top Box Gratis atau Bantuan STB Siaran TV Digital yang kabarnya akan diterima oleh masyarakat dengan kriteria ini.

Set Top Box diperlukan untuk masyarakat yang saat ini masih menggunakan TV analog, hal itu agar pemilik televisi masih dapat menikmati tayangan seperti biasanya.

STB atau dikenal dengan Set Top Box kini kian banyak dicari masyarakat untuk menangkap siaran tv digital.

Baca Juga: Chord Kunci Gitar Peterpan Semua Tentang Kita Dan Link Musik Bukan MP3Juice atau Gudang Lagu

Seperti pada informasi yang beredar, pada tanggal 2 November 2022 yang lalu, Pemerintah melalui Kominfo telah mengaplikasikan siaran TV analog ke TV digital.

Hal itu berdampak pada siaran TV analog yang ada di sebagian besar wilayah Indonesia akan terhenti.

Masyarakat yang masih menggunakan siaran TV analog harus segera berpindah menggunakan siaran TV digital.

Dengan menggunakan siaran TV digital dapat memperbarui kualitas gambar televisi yang lebih baik dan suara lebih menjadi lebih bagus.

Mengenai informasi Set Top Box Gratis dari kabar yang beredar, hanya masyarakat dengan kriteria ini yang akan mendapatkan set top box secara gratis.

Baca Juga: Jadwal Bola Tanggal 4,5,6 November 2022, Ada Manchester City vs Fulham Dan Everton vs Leicester

Dilansir dari laman siarandigital.kominfo.go.id, Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, sebagian besar wilayah di Indonesia pada 2 November 2022 siaran TV Analog akan dimatikan.

"Jadi untuk beralih ke siaran TV Digital dengan cara yang sangat mudah yakni tinggal menambahkan alat yang namanya set top box yang ditambahkan ke perangkat TV Analog. Jadi TV Analog bisa layar datar yang belum digital atau TV tabung maka masyarakat dapat menikmati siaran TV Digital," katanya.

Ia menjelaskan, siaran TV Digital bukan TV berlangganan atau tidak membayar bulan tapi hanya sekali yaitu membeli set top box yang tersertifikasi oleh Kominfo RI.

Bagi rumah tangga miskin ekstrem akan mendapatkan bantuan set top box secara cuma-cuma dari lembaga penyiaran penyelenggara infrastruktur multipleksing (MUX).

Baca Juga: Siaran Analog Diubah Ke Siaran Digital, Simak Syarat Dapatkan Set Top Box (STB) Gratis dari Kominfo

Jika nantinya terjadi kekurangan maka akan ditambah oleh pemerintah sehingga rumah tangga miskin ekstrem memperoleh set top box.

Sehingga, bagi masyarakat yang tergolong rumah tangga kurang mampu berhak mendapatkan bantuan Set Top Box secara cuma-cuma.

Adapun posko layanan pengaduan dalam bentuk online yang disediakan kominfo dengan menghubungi 159.

Selain itu dapat juga menghubungi melalui chat bot WhatsApp pada nomor ‪08118202208‬ hingga laman website https://siarandigital.kominfo.go.id/.

Bagi masyarakat yang mampu diimbau agar segera beralih menggunakan siaran TV digital, baik dapat diakses dengan perangkat televisi yang telah didukung, atau membeli perangkat Set Top Box.

Set Top Box siaran TV digital mudah ditemukan secara offline pada penjual peralatan Elektronik atau secara online di Marketplace.

Demikian informasi mengenai Set Top Box Gratis yang banyak dicari.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x