Kartu Prakerja Gelombang Terbaru Desember 2022 Dinilai Telah Terdepan dan Mampu Meningkatkan Kualitas SDM

- 9 Desember 2022, 11:06 WIB
Kartu Prakerja Gelombang Terbaru Desember 2022 Dinilai Telah Terdepan dan Mampu Meningkatkan Kualitas SDM di Indonesia   Foto: Lartu Prakerja Gelombang 48 Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftar Di Sini
Kartu Prakerja Gelombang Terbaru Desember 2022 Dinilai Telah Terdepan dan Mampu Meningkatkan Kualitas SDM di Indonesia Foto: Lartu Prakerja Gelombang 48 Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftar Di Sini /Kementerian tenaga kerja/

BERITA KBB - Penggunaan Kartu Prakerja oleh pemerintah sebagai layanan publik dalam pengembangan SDM di Indonesia, ternyata mendapatkan pujian dari beberapa tokoh tanah air.

Fungsi Kartu Prakerja gelombang Desember 2023 dinilai sebagai sarana untuk meningkatkan inklusi keuangan. Sehingga penggunanya mendapatkan kemanfaatan, dengan bertambahnya skill akibat mengikuti pelatihan dari program bantuan pemerintah tersebut.

Baca Juga: Ponsel Gaming iQOO 11 Dengan Performa Terbaru Hadir Bulan Ini di Indonesia, Cek Spesifikasi dan Harganya!

Dilansir BERITA KBB dari ANTARA, kartu prakerja yang bisa diakses melalui daring ini, menjadi salah satu program semi-bantuan sosial pertama pemerintah yang menggunakan sistem digital, yang mana semua peserta harus memiliki rekening bank atau dompet digital.

Artinya, Program Kartu Prakerja tidak hanya menawarkan pengembangan keterampilan sebagai fondasi untuk meraih kesempatan kerja atau berwirausaha, namun juga menjadi sarana meningkatkan inklusi keuangan di Tanah Air.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan selain menjadi program semi-bansos untuk membantu masyarakat yang terdampak penghidupannya akibat pandemi, Program Kartu Prakerja juga menjadi game changer mengakselerasi inklusi keuangan Indonesia.

Program Kartu Prakerja menjadi bukti atas konsep (proof of concept) atas berbagai literatur soal pentingnya layanan keuangan formal bagi masyarakat kelompok ekonomi terbawah atau sering disebut inklusi keuangan. Termasuk keunggulan teknologi finansial (tekfin) daripada bank dalam menurunkan biaya, meningkatkan kecepatan, jangkauan, dan transparansi.

Kartu Prakerja yang menggunakan sistem Government to Person (G2P) dalam penyaluran bantuan sosialnya itu pun disebut sebagai model generasi ketiga atau G2P 3.0.

"Ini adalah model paling maju saat ini," kata Denni.

Halaman:

Editor: Qoni Makhfudoh

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x