Piala AFF 2022 Jadi Momen Penerapan Aturan Baru Dalam Pengamanan,Kini Penjagaan Bakal Ketat Tanpa Gas Air Mata

- 21 Desember 2022, 13:17 WIB
Piala AFF 2022
Piala AFF 2022 /AFF Mitshubishi Cup 2022
 
 
BERITA KBB - Polri menerapkan sistem keamanan yang berbeda dalam mengawal laga kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Itu sebagai bentuk uji coba Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang pengamanan penyelenggaraan kompetisi olahraga.
 
Hal tersebut disampaikan langsung Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, saat meninjau langsung Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, dalam persiapan pengamanan, Selasa 20 Desember 2022.
 
"Kami akan melaksanakan uji coba terkait Perpol baru. Kami juga minta asistensi tentang bagaimana proses penyelenggaraan laga," ujar Listyo di SUGBK.
 
 
Nantinya, Polisi hanya berjaga di luar stadion sesuai standar keamanan FIFA. Hanya steward yang diperbolehkan untuk menjaga keamanan di dalam.
 
Namun, Polisi juga masih bisa ikut berjaga di dalam stadion. Itu dengan syarat, ada permintaan untuk menambah keamanan dari inspektur keamanan penyelenggara.
 
"Hanya ada steward yang ada di dalam stadion. Polisi masuk, kalau ada permintaan dari inspektur keamanan penyelenggaran," ujar Listyo.
 
Listyo menegaskan keamanan nanti bakal berlangsung ketat demi menjaga kenyamanan suporter di dalam stadion. Dia juga memastikan Polisi bakal berjaga tanpa gas air mata dan senjata api.
 
 
Maka dari itu, mereka meminta suporter bisa berlaku tertib. Sebanyak 1.400 personel bakal diturunkan untuk melakukan pengamanan.
 
"Standar FIFA yang diharapkan tentunya betul-betul lebih maksimal. Nanti akan disesuaikan, mungkin ada sekitar 1.300 hingga 1.400 (personel)," ujar Listyo.
 
Suporter juga belum bisa memenuhi tribune. Kapasitas yang diperbolehkan hanya sebanyak 70 persen.
 
Meski begitu, itu hanya sebagai bentuk uji coba. Jika semua berjalan lancar, izin kapasitas akan ditambah menjadi 100 persen.
 
"Ada proses penilaian risiko. Oleh karena itu, tahap uji coba ini kami berikan 70 persen. Kalau dari hasil penilaian gabungan dari PUPR, Kemenkes, Kemenpora dan pihak terkait lainnya bagus, tentu ke depan kami akan mengarah ke 100 persen," ujar Listyo.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x