Simak! 5 Tips Agar Koneksi Internet Makin Lancar dan Stabil

- 1 Februari 2023, 12:14 WIB
ILUSTRASI internet.*PEXELS
ILUSTRASI internet.*PEXELS /

BERITA KBB – Jaringan internet yang stabil dan cepat memang paling dibutuhkan untuk belajar, bekerja, hingga kebutuhan hiburan yang dilakukan secara digital. Tapi tidak jarang kita mengeluh karena koneksi internet yang lambat.

Yuk, simak tips ampuh untuk lancarkan koneksi internet kamu!

  1. Antara Bandwith dan Perangkat

Perhitungkan jumlah bandwidth yang tersedia dengan jumlah perangkat yang akan menggunakan bandwidth tersebut. Internet lemot bisa jadi dikarenakan rendahnya kecepatan akses internet dari ISP yang tidak sebanding dengan jumlah perangkat yang terhubung.

Baca Juga: Daftar Pemain FTV SCTV Sekali Payung Semua Cinta Terlampaui, Tayang Hari Ini dan Dibintangi Emyr Razan

  1. Hindari Bottleneck

Jika kecepatan tidak lebih dari 50 Mbps maka dapat menggunakan perangkat yang memiliki port WAN dengan rating fast ethernet (100 Mbps). Tetapi jika kecepatan sudah berada di atas nilai tersebut maka sebaiknya menggunakan perangkat yang memiliki port WAN dengan rating gigabit ethernet (1000 Mbps).

  1. Router dengan Dual Band

Pilih perangkat router yang mendukung dual band 2.4 GHz dan 5GHz agar performa lebih maksimal. Beberapa router memiliki kemampuan band steering otomatis yang membagi perangkat sesuai dengan band-nya secara otomatis, dengan begitu performa jaringan dapat lebih meningkat.

Baca Juga: Daftar Rating Sinetron Rabu, 1 Februari 2023, Rindu Bukan Rindu Raih Rating Terbaik di Slotnya

  1. Luas Area

Untuk luas area kecil dapat menggunakan router kelas basic/entry dengan memperhatikan batasan jumlah user dan kecepatan akses yang dimiliki. Untuk area yang cukup luas dengan dinding tebal dapat menggunakan router High Power atau kombinasi router dengan Extender. Sedangkan bila menginginkan all-in-one solution untuk area luas dengan aktivitas online yang cukup banyak dan berat anda dapat menggunakan Mesh Router.

  1. Topologi Jaringan

Bahan-bahan di kantor seperti aluminium termasuk letak router bisa mempengaruhi kinerja router itu menjadi lebih buruk. Rules dasarnya adalah memastikan perangkat diletakan di tengah ruangan dengan posisi berada pada ketinggian yang cukup agar tercipta kondisi line of sight antara pemancar dengan perangkat penerima tanpa ada halangan fisik.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x