PPATK: Ada Eks Pegawai Ditjen Pajak Bantu Rafael Alun Sembunyikan Uang!

- 7 Maret 2023, 18:06 WIB
Rekening Rafael Alun Trisambodo dan keluarganya diblokir PPATK.  PPATK: Ada Eks Pegawai Ditjen Pajak Bantu Rafael Alun Sembunyikan Uang!ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Rekening Rafael Alun Trisambodo dan keluarganya diblokir PPATK. PPATK: Ada Eks Pegawai Ditjen Pajak Bantu Rafael Alun Sembunyikan Uang!ANTARA FOTO/Aprillio Akbar /
 
BERITA KBB - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyebut, ada eks pegawai Ditjen Pajak yang diduga 'membantu' Rafael Alun Trisambodo menyebunyikan uang. 
 
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku telah mengantongi identitas sosok tersebut.
 
"Ya jadi tadi pagi aku komunikasi dengan PPATK, jadi kita sudah tahu namanya siapa, konsultannya juga apa, kita sudah tukeran data, apa yang kita dapat dan apa yang PPATK dapat," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, Senin 6 Maret 2023.
 
KPK sudah berkoordinasi dengan PPATK untuk mencari tahu peran konsultan pajak itu. Namun, KPK masih fokus pada Rafael.
 
 
"Kita sudah merancang strategi bersama, bagaimana caranya, sekali lagi kalau dari KPK membuktikan ada kejahatan korupsinya dulu pertama, baru TPPU-nya ikut di belakang, saya sampaikan jelas ke PPATK kita akan cari itu dulu," jelas Pahala.
 
Sebelumnya, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengatakan, konsultan pajak yang membantu Rafael dalam tindakan pencucian uang itu sudah kabur ke luar negeri. Informasi itu didapat dari masyarakat.
 
"Ya kami mendengar pengaduan masyarakat mengenai hal tersebut," tutur Ivan.
 
 
Sebelumnya, Ivan menyatakan, PPATK telah menemukan kejanggalan di dalam harta kekayaan milik Rafael sejak lama.
 
PPATK juga sudah menganalisis temuan tersebut dan menyerahkannya ke penyidik sejak lama. 
 
Hal tersebut bahkan jauh dari sebelum kasus penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy Saputra (20), anak Rafael terhadap anak pengurus GP Ansor, Cristalino David Ozora (17).
 
"Iya kami sudah serahkan hasil analisis ke penyidik sejak lama, jauh sebelum ada kasus terakhir ini," ujar Ivan kepada awak media, Jumat 24 Maret 2023.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x