Hati-Hati! Sebagian Besar Perairan Indonesia Bergejolak, Tinggi Gelombang Capai 4 Meter, Berikut Daftarnya

- 3 April 2023, 12:19 WIB
Selamat! Nikita Mirzani Dilamar Toni Dedola: Yes, I Do!
Selamat! Nikita Mirzani Dilamar Toni Dedola: Yes, I Do! /BMKG
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa sebagian besar perairan Indonesia terpantau bergelombang tinggi pada Senin 3 April 2023 ini, dengan kisaran tinggi gelombang antara 1,25 meter hingga 4 meter.

Menurut Pusat Meteorologi Maritim BMKG, pada hari ini, angin di wilayah Indonesia bagian utara cenderung bertiup dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot atau sekitar 9 - 37 kilometer per jam.

Sedangkan di Indonesia bagian selatan, angin cenderung bertiup dari barat daya - barat  dengan kecepatan angin berkisar 3 - 20 knot atau 5,5 - 37 kilometer per jam. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Makassar bagian selatan, Laut Sulawesi dan Laut Maluku.

Baca Juga: Selamat! Nikita Mirzani Dilamar Toni Dedola: Yes, I Do!

Berikut ini wilayah perairan Indonesia yang terpantau bergelombang tinggi pada Senin 3 April 2023. Peringatan dini gelombang tinggi ini bertahan hingga durasi 12 jam sejak dikeluarkan pada pukul 07.00 WIB.

Perairan Bergelombang Sedang (1,25 - 2,5 Meter)

BMKG memantau gelombang dengan ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter di wilayah perairan selatan Banten hingga Jawa timur, Samudra Hindia barat Lampung dan Samudra Hindia selatan Banten hingga Jawa Timur.

Perairan Bergelombang Tinggi (2,5 - 4 Meter)

Hari ini, gelombang tinggi terpantau di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu, perairan barat Lampung, dan Samudra Hindia barat Aceh hingga Bengkulu.

Selain itu, gelombang dengan ketinggian hingga 4 meter ini terpantau di perairan selatan Bali hingga Sumbawa, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Selat Sape bagian selatan, perairan selatan Pulau Sumba, dan perairan Pulau Sawu.

Gelombang berketinggian lebih dari 2,5 meter ini juga terpantau di Pperairan Kupang - Pulau Rote, Samudra Hindia selatan Bali hingga Nusa Tenggara Timur, Laut Jawa bagian barat, Selat Makassar bagian selatan, perairan barat Sulawesi Selatan,

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x