Mudik Via Laut? Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Berikut Pada Sabtu Hari Ini, Salah Satunya Selat Sunda

- 15 April 2023, 12:00 WIB
Mudik Via Laut? Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Berikut Pada Sabtu Hari Ini, Salah Satunya Selat Sunda
Mudik Via Laut? Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Berikut Pada Sabtu Hari Ini, Salah Satunya Selat Sunda /John Callery/Pexels
 

Berita KBB - Apabila Anda akan melaksanakan mudik Lebaran ke kampung halaman di seberang pulau, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui kondisi gelombang di perairan yang akan diseberangi dengan kapal ferry atau dilayari dengan kapal motor.

Pada hari ini, Sabtu 15 Maret 2023, Pusat Meteorologi BMKG mengeluarkan peringatan gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia. Gelombang tinggi terpantau berkisar 1,25 meter hingga 6 meter di perairan Sumatra, Jawa - Bali - Nusa Tenggara, dan Papua.

Wilayah Selat Sunda menjadi salah satu perairan yang terpantau bergelombang ekstrem dengan ketinggian berkisar antara 4-6 meter, dengan kecepatan angin sekira 20 knot atau sekitar 55 kilometer per jam.

Baca Juga: Yuk Bayar Zakat Fitrah! Kenali Syarat Wajib, Besaran Zakat, Hingga Pihak yang Berhak Menerimanya Berikut

Oleh karena itu, bagi Anda yang akan mudik dari Jawa ke Sumatra atau sebaliknya menggunakan kapal ferry, diimbau untuk berhati-hati dan mengantisipasi dampak dari gelombang tinggi ini seperti mabuk laut, dengan menyediakan obat-obatan yang diperlukan.


Berikut ini Berita KBB rangkum daftar wilayah perairan Indonesia yang terpantau gelombang tinggi pada Sabtu 15 Maret 2023 untuk diketahui Anda selaku pemudik dan penyedia jasa angkutan laut. Peringatan gelombang tinggi ini berlaku hingga Minggu 16 Maret 2023 esok.


  1. Perairan Dengan Gelombang Sedang (1,25 - 2,5 Meter)

Perairan Indonesia yang terpantau gelombang sedang berketinggian 1,25 hingga 2,5 meter pada hari ini adalah sebagai berikut:

Perairan sekitar Sumatra: perairan utara Sabang, perairan barat Aceh.

Perairan sekitar Nusa Tenggara: perairan perairan Pulau Sawu – Rote, Laut Sawu, Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba, dan perairan selatan Pulau Flores.

Perairan sekitar Papua: perairan Jayapura, Samudra Pasifik utara Papua.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x