Yuk Bayar Zakat Fitrah! Kenali Syarat Wajib, Besaran Zakat, Hingga Pihak yang Berhak Menerimanya Berikut

- 15 April 2023, 11:05 WIB
Zakat Fitrah
Zakat Fitrah /Freepik/jcomp
 

Berita KBB - Menjelang hari raya Idul Fitri atau Lebaran 2023 ini, seluruh umat Muslim diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Rukun Islam yang ketiga ini merupakan yang istimewa karena merupakan zakat tahunan yang dibayarkan hanya di akhir Ramadhan.

Menurut Hasbullah Bakry dalam Pedoman Islam di Indonesia (1990), zakat fitrah berbeda dari zakat mal,  tujuannya bukan untuk membersihkan harta melainkan membersihkan diri. Ukuran wajib zakat fitrah diukur dari setiap jiwa yang wajib untuk dizakati.

Dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah pada bulan Ramadhan sebanyak 1 sha’ atas setiap orang Islam baik laki-laki maupun perempuan, baik merdeka maupun hamba.

Baca Juga: Jadwal Tayangan SCTV Minggu, 16 April 2023. Ada Premier League: Nottingham Forest vs Manchester United

Syarat wajib membayar zakat fitrah, antara lain beragama Islam, hidup pada malam terakhir Ramadhan, dan memiliki kelebihan makanan dari yang dipersiapkan untuk hari Lebaran. 


Bagi anak-anak, zakat fitrah dibayarkan oleh orang tuanya, sedangkan untuk orang tua lanjut usia, zakat fitrahnya dibayarkan oleh anak laki-laki maupun anak perempuannya.

 

Zakat fitrah wajib dan paling utama dibayarkan pada malam Idul Fitri, tapi pembayarannya boleh dilakukan sejak awal Ramadhan. Frekuensi pembayaran zakat fitrah biasanya meningkat seiring memasuki pertengahan hingga 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan.


Terkait pembayaran zakat fitrah, umat Muslim bisa menunaikannya dengan beras seberat 2,5 kilogram atau uang tunai sebesar yang ditetapkan oleh masing-masing badan amil zakat di daerah.


Diberitakan Berita KBB sebelumnya, di wilayah Bandung Raya Jawa Barat, besaran uang yang dibayar adalah Rp32.500 untuk Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kota Cimahi. Sedangkan Kabupaten Bandung Barat besaran uang yang dibayarkan adalah Rp30.000.

Baca Juga: Biodata Ibrahim Risyad, Pacar Salshabilla Adriani, Pacar Asli pemeran Sakinah Bidadari Surgamu SCTV

Dari kewajiban membayar zakat fitrah pada akhir bulan Ramadhan, hikmah yang bisa ditarik adalah adanya jaminan bahwa pada hari raya Idul Fitri, tidak ada seorangpun yang mengalami kelaparan, meskipun para fakir miskin pada hari itu tidak bekerja.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x