Info Mudik Via Laut: Gelombang di Selat Sunda Reda, Simak Update Gelombang Tinggi Perairan Indonesia Hari Ini

- 18 April 2023, 14:00 WIB
Info Mudik Via Laut: Gelombang di Selat Sunda Reda, Simak Update Gelombang Tinggi Perairan Indonesia Hari Ini
Info Mudik Via Laut: Gelombang di Selat Sunda Reda, Simak Update Gelombang Tinggi Perairan Indonesia Hari Ini /John Callery/Pexels
 

Berita KBB - Sejumlah wilayah perairan Indonesia terpantau bergelombang tinggi berkisar 1,25 hingga 4 meter, Selasa 18 April 2023. Oleh karena itu, bagi Anda yang akan mudik Lebaran via jalur laut agar waspada dengan dampak gelombang tinggi tersebut.

Menurut Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kondisi gelombang tinggi di perairan Indonesia ini dipengaruhi oleh kecepatan angin yang berkisar 3 - 20 knot atau sekitar 5 - 40 kilometer per jam.

Sementara itu, gelombang tinggi terpantau di perairan Selat Sunda yang menjadi rute pelayaran mudik via laut dari Jawa ke Sumatra dan sebaliknya. Hari ini, tinggi maksimal gelombang di perairan tersebut mereda dari hari sebelumnya menjadi 4 meter.

Baca Juga: Daftar Pemain Ftv Sctv 'Demo Syantik Mahasiswa Cetar' Selasa 18 April 2023

Berikut ini Berita KBB sajikan daftar wilayah perairan Indonesia yang terpantau gelombang tinggi untuk hari ini Selasa 18 April 2023.

Perairan Dengan Gelombang Sedang (1,25 - 2,5 Meter)

Hari ini, gelombang sedang terpantau di perairan timur Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Teluk Lampung bagian selatan, Selat Sape bagian selatan, perairan Nusa Tenggara Timur, Laut Sawu, Selat Ombai, perairan selatan Flores, dan perairan utara Jayapura.

Perairan Dengan Gelombang Tinggi (2,5 - 4 Meter)

Baca Juga: Diduga Terima Uang Rp924 Juta, Yana Mulyana Kena OTT KPK Kasus Korupsi Pengadaan CCTV

Gelombang tinggi terpantau di perairan utara Sabang, perairan barat Sumatera, Samudra Hindia barat Sumatera, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Perairan selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat, Selat Bali, Lombok, Alas bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, dan Samudra Hindia selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat.

Gelombang tinggi tersebut diketahui berdampak pada keselamatan pelayaran kapal ferry. Bagi masyarakat yang akan melaksanakan mudik via jalur laut di perairan yang terdampak, untuk selalu waspada dan selalu patuhi arahan keselamatan pelayaran dari petugas.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x