Tata Cara Shalat Kusuf Gerhana Matahari Hibrida 2023, Bisa Dilakukan Sendiri Maupun Berjamaah

- 20 April 2023, 06:00 WIB
Tata cara Sholat Gerhana Matahari atau Kusuf As Syam.*/antaranews-jambi.com
Tata cara Sholat Gerhana Matahari atau Kusuf As Syam.*/antaranews-jambi.com /
 

Berita KBB - Gerhana Matahari Hibrida akan menyambangi wilayah Indonesia pada Kamis 20 April 2023 esok hari. Sehubungan dengan itu, umat Islam disunahkan melaksanakan shalat kusuf atau shalat gerhana matahari.

Dilansir NU Online pada Rabu 19 April 2023, shalat kusuf Gerhana Matahari Hibrida ini dilakukan pada waktu terjadinya puncak gerhana matahari di setiap wilayah. Shalat kusuf ini bisa dilakukan sendirian maupun berjamaah, dan di rumah, masjid, ataupun di perjalanan.

Secara umum, shalat kusuf dilaksanakan sebanyak 2 rakaat tanpa didahului adzan dan iqamah. Setiap rakaatnya, membaca surat Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca surat yang panjang.

Baca Juga: Sinopsis Imlie ANTV Kamis, 20 April 2023: Malini Dianggap Main-Main dengan Perceraian, Kunal Berhenti Membantu

Bila Anda bermaksud ingin menunaikan shalat kusuf Gerhana Matahari Hibrida pada esok hari, berikut ini tata cara melaksanakan shalat kusuf Gerhana Matahari Hibrida 2023 seperti Berita KBB kutip dari NU Online.


Tata Cara Shalat Kusuf Gerhana Matahari Hibrida 2023


Pertama, Anda harus membaca niat di dalam hati dengan bacaannya sebagai berikut: “Ushallii sunnatal li kusuufis syamsi imaaman / ma’muuman / lillaahi ta ‘aalaa”


Untuk shalat kusuf berjamaah, jika Anda sebagai imam maka kata yang digunakan adalah “imaaman”, sedangkan bila sebagai makmum maka gunakan kata “ma’muuman”


Adapun niat shalat kusuf sendirian, bacaannya adalah sebagai berikut: Ushallî sunnatal kusufi rak‘ataini lillaahi ta ‘aalaa.


Setelah itu, takbiratul ihram dan baca ta’awudz dan Surat Al-Fatihah, disambung dengan membaca salah satu surat pendek dengan perlahan. Selanjutnya, rukuk dengan membaca tasbih, itidal, kemudian baca kembali taawudz dan surat Al-Fatihah serta surat pendek.

Baca Juga: Jadwal Waktu Puncak Gerhana Matahari Hibrida 2023, Jawa Barat Akan Alami Fase Puncak di Waktu Berikut

Surat pendek kedua yang dibacakan pada setiap rakaat harus lebih panjang dari surat pendek yang sebelumnya.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Nu Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x