Jadwal Waktu Puncak Gerhana Matahari Hibrida 2023, Jawa Barat Akan Alami Fase Puncak di Waktu Berikut

- 19 April 2023, 23:18 WIB
Berikut jadwal waktu puncak Gerhana Matahari Hibrida 2023 se-Indonesia, termasuk waktu fase puncak di Jawa Barat.
Berikut jadwal waktu puncak Gerhana Matahari Hibrida 2023 se-Indonesia, termasuk waktu fase puncak di Jawa Barat. /jatim.nu.or.id/

 

Berita KBB - Gerhana Matahari Hibrida 2023 akan melintasi sebagian besar wilayah Indonesia pada Kamis 20 April 2023 esok hari. Fenomena langit yang tergolong langka ini adalah perpaduan dari gerhana matahari sebagian, cincin, dan total.

 

Masyarakat Indonesia akan disuguhkan dengan 2 jenis penampakan gerhana matahari hibrida pada Kamis besok, yakni gerhana matahari sebagian dan gerhana matahari total. Sayangnya, gerhana matahari cincin tidak dapat disaksikan di Indonesia.

 

Gerhana matahari hibrida sebagian akan bisa disaksikan hampir di seluruh wilayah Indonesia, dengan pengecualian wilayah timur Nusa Tenggara Timur dan Papua Barat yang dapat menyaksikan gerhana matahari hibrida total.

 

Gerhana Matahari Hibrida ini akan dimulai paling awal pukul 09.25 WIB di Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Fase puncaknya terjadi paling awal di Tua Pejat, Sumatra Barat pukul 10.40 WIB dan fase akhirnya terjadi paling awal di Calang, Aceh pada 10.49 WIB.

Baca Juga: Gerhana Matahari Hibrida 2023: Daftar Wilayah yang Dilintasi dan Link Live Streaming di BMKG dan YouTube

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x