Info Arus Balik Via Laut: Update Gelombang Tinggi di Area Pelayaran Sabtu 29 April 2023, Selat Sunda Mengamuk!

- 29 April 2023, 13:00 WIB
Info Arus Balik Via Laut: Update Gelombang Tinggi di Area Pelayaran Sabtu 29 April 2023, Selat Sunda Mengamuk!
Info Arus Balik Via Laut: Update Gelombang Tinggi di Area Pelayaran Sabtu 29 April 2023, Selat Sunda Mengamuk! /Freepik/wirestock
 

Berita KBB - Akhir pekan ini, arus balik Lebaran 2023 via laut diprediksi mengalami puncaknya pada Minggu - Senin, 30 April - 1 Mei 2023. Salah satunya di lintas penyeberangan antara Sumatra dan Jawa.

Dilansir Antaranews, Jumat 28 April 2023, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meminta PT ASDP Indonesia Ferry untuk mengantisipasi puncak arus balik kedua Lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Menurutnya, jika Pelabuhan Bakauheni sudah penuh sesak, maka pelayanan ferry dari Lampung akan dialihkan ke Pelabuhan Panjang. Ia juga berharap agar para penumpang mendapatkan pelayanan yang maksimal.

Baca Juga: Jadwal TV RCTI Pada Hari Sabtu, Tanggal 29 April 2023 Ada LIVE Timnas Indonesia vs Filipina, Film Susah Sinyal

Sehubungan dengan itu, di sisi lainnya, calon penumpang yang akan melaksanakan perjalanan arus balik Lebaran 2023 via laut, agar waspada dengan gelombang tinggi di rute pelayaran yang akan dilalui.


BMKG memantau adanya gelombang tinggi berkisar antara 1,25 hingga 4 meter pada hari Sabtu ini di Selat Malaka dan perairan Kepulauan Riau, Laut Jawa dan Selat Sunda, perairan Bali dan Nusa Tenggara, dan perairan Maluku serta Papua pada hari ini.


Berikut ini daftar area perairan padat pelayaran yang terpantau gelombang tinggi pada Sabtu 29 April 2023 dan berlaku hingga Minggu 30 April 2023. Data pantauan gelombang tinggi sebagaimana laporan Pusat Meteorologi Maritim BMKG.


Baca Juga: Inilah Sinopsis Film Susah Sinyal Tayang 29 April 2023 di RCTI Ada Refal Hady dan Adinia Wirasti

Area Pelayaran dengan Gelombang Sedang (1,25 - 2,5 meter)


Area padat aktivitas pelayaran yang terpantau bergelombang sedang antara lain sebagai berikut:

Wilayah Selat Malaka dan Perairan Kepulauan Riau: Perairan utara Sabang.

Wilayah perairan Bali dan Nusa Tenggara: Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, Selat Sape bagian selatan, dan perairan Kupang - Pulau Rote.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Pusat Meteorologi Maritim BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x