Kasus Dugaan Penistaan Agama Ponpes Al Zaytun Naik Ke Penyidikan, Panji Akui Bicara di Video yang Beredar

- 4 Juli 2023, 14:35 WIB
Kasus Dugaan Penistaan Agama Ponpes Al Zaytun Naik Ke Penyidikan, Panji Akui Bicara di Video yang Beredar
Kasus Dugaan Penistaan Agama Ponpes Al Zaytun Naik Ke Penyidikan, Panji Akui Bicara di Video yang Beredar /ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/
 

Berita KBB - Kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Panji Gumilang, naik ke tahap penyidikan, Senin 3 Juli 2023. 

Peningkatan status penanganan perkara ini diputuskan setelah penyidik Dittipidum Bareskrim Polri melaksanakan gelar perkara.

Dilansir Antaranews pada Selasa 4 Juli 2023, gelar perkara kasus dugaan penistaan agama pengasuh Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang dilaksanakan setelah terlapor dimintai keterangan oleh Dittipidum Bareskrim Polri.

Baca Juga: Jadwal NET TV Selasa 4 Juli 2023, Tayang Drakor Fenomenal Penthouse, The Heirs, Hwarang

“Selesai pemeriksaan penyidik telah melaksanakan gelar perkara. Adapun kesimpulan gelar perkara bahwa perkara ini dari penyelidikan dinaikkan menjadi penyidikan,” ujar Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol. Djuhandani Rahardjo Puro pada Selasa dini hari.


Lanjut Djuhandani, setelah meningkatkan status penanganan perkara dugaan penistaan agama yang dilakukan pengasuh Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang, pihak Bareskrim Polri memulai upaya-upaya penyelidikan.


Sejauh ini, pihak penyidik Bareskrim Polri telah memeriksa pengasuh Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang, 4 orang saksi, dan 5 orang saksi ahli. Djuhandani mengatakan, keterangan mereka sudah cukup untuk meyakinkan adanya unsur pidana dalam kasus tersebut.


Diketahui, proses pemeriksaan Panji memakan waktu 8 jam, dimulai dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Setelah itu, penyidik melakukan koreksi terhadap hasil pemeriksaan, dan pada pukul 23.00 WIB terlapor sudah diizinkan kembali ke kediamannya.


Panji awalnya dipanggil untuk hadir pukul 10.00 WIB, tapi ia baru bisa datang ke Bareskrim Polri pukul 13.50 WIB. Ia tiba dengan pengawalan dari sejumlah orang yang diduga dari Ponpes.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Si Rama Takut Jatuh Cinta, Ada Eza Gionino dan Larasati Nugroho, Tayang 14:30 WIB

Ia juga langsung masuk ke Lobi Utama Bareskrim Polri tanpa memberikan keterangan apapun kepada wartawan, hanya melambaikan tangan dan mengacungkan jempol. Kedatangannya sempat diwarnai kericuhan antara wartawan dan simpatisan Panji.


Panji dicecar 26 pertanyaan saat memberikan klarifikasinya, yang mencakup tentang sejarah ponpes asuhannya, struktur organisasi yayasan dan soal video pernyataannya yang sempat menggegerkan masyarakat.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x